Air Kelapa Muda Campur Madu, Kolaborasi Minuman Sehat

Saat ini, sudah banyak pemanfaatan bahan alami sebagai obat atau solusi alami yang mampu menyehatkan tubuh. Air kelapa muda adalah salah satu bahan alami yang banyak manfaatnya, terlebih jika dikombinasikan dengan bahan lain, seperti madu.

Mengapa Harus Air Kelapa dan Madu?

Air kelapa sendiri sudah mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan tubuh, juga mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang. Dengan tambahan madu, komponen zat gizi di dalamnya akan bertambah, mengingat madu merupakan sumber antioksidan.

air kelapa dengan madu
Foto: Freepik.com

Tak hanya itu, air kelapa ternyata merupakan media yang baik untuk melarutkan madu dengan cepat, sehingga kandungan zat gizinya lebih mudah oleh tubuh setelah diminum.

Khasiat Minuman Air Kelapa Campur Madu

Madu yang dapat larut dengan cepat dalam air kelapa menjadikannya minuman kolaborasi yang pas. Selain menyegarkan, rasa air kelapa juga menjadi manis dengan tambahan madu. Manfaat keduanya sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini berbagai khasiat air kelapa muda dicampur madu.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kestabilan imunitas tubuh sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit. Tingginya kandungan antioksidan pada madu dan vitamin C pada kelapa muda mampu mambuat tubuh lebih tahan terhadap serangan penyakit. Aktivitasmu tentu lebih prima, bahkan tidak cepat lelah karena tubuh tetap terhidrasi dengan air kelapa muda sebagai minuman isotonik.

Membuat Awet Muda

Kombinasi air kelapa muda dan madu ternyata juga bikin awet muda. Kandungan zat antioksidan dan vitamin A di dalamnya dapat melindungi sel kulit dari radikal bebas, sehingga kulit tetap sehat dan kencang. Tanda penuaan dini dapat dicegah karena kulit terlindungi dan tetap terhidrasi.

manfaat air kelapa
Foto: Pixabay.com

Mengatasi Keluhan Pencernaan

Berbagai keluhan pencernaan juga dapat diatasi dengan mengonsumsi air kelapa campur madu. Minuman kombinasi ini mengatur pergerakan usus dan mengurangi produksi asam di lambung, sehingga mencegah keluhan pencernaan, seperti sembelit.

Manfaat air kelapa memang sangat beragam, terlebih setelah dicampur dengan madu. Cara membuatnya adalah dengan menambahkan satu sendok makan madu ke dalam air kelapa muda. Disarankan untuk menggonsumsinya dalam satu jam setelah pencampuran.

Akan tetapi, bagi Sahabat Sehat yang mengidap penyakit ginjal justru tidak dianjurkan mengonsumsi air kelapa. Hal ini karena air kelapa mengandung kadar kalium dan natrium yang seharusnya dibatasi oleh penderita penyakit ginjal. Selain itu, seseorang dengan yang mengalami diabetes juga disarankan untuk lebih berhati-hati dalam menentukan jumlah madu yang ditambahkan. Oleh karena itu, sebaiknya tanyakan kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi minuman ini bila kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Al Mukarramah, Siti Fatimah. 2022. Rutin Minum Air Kelapa Campur Madu, Ini Lho 7 Khasiat Utamanya! https://cewekbanget.grid.id/read/063404447/rutin-minum-air-kelapa-campur-madu-ini-lho-7-khasiat-utamanya?page=all. Diakses pada 13 Mei 2023.

Hafida, Nadya. 2023. Campur Air Kelapa dengan 4 Bahan Alami Ini untuk Menambah Khasiatnya. ‘Jos’ Pokoknya! https://www.hipwee.com/tips/manfaat-campuran-air-kelapa/. Diakses pada 13 Mei 2023.

Halodoc.com. 2021. Benarkah Minum Air Kelapa Menyehatkan Ginjal? https://www.halodoc.com/artikel/benarkah-minum-air-kelapa-menyehatkan-ginjal. Diakses pada 13 Mei 2023.

Jatinegara.kec-sempor.kebumenkab.go.id. 2021. Inilah 7 Manfaat Kesehatan dari Air Kelapa dicampur Madu untuk Tubuh. https://jatinegara.kec-sempor.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/4/404. Diakses pada 13 Mei 2023.

[/su_accordion

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.