Cek Status Hidrasi Saat Berolahraga

Teman sehat, apakah kamu sering mengalami dehidrasi saat berolahraga? Kalau ngga ditangani dengan baik, maka bisa berbahaya bagi tubuh, loh. Salah satu cara mengetahui kondisi dehidrasi yaitu dengan cara cek status hidrasi. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Apa pengertiannya?

Status hidrasi adalah suatu kondisi yang menggambarkan jumlah cairan dalam tubuh seseorang. Cara ini juga mampu menilai keseimbangan cairan yang masuk dan keluar dari tubuh. Cairan tubuh menyumbang persentase tubuh terbesar yaitu sekitar 55-60% berat badan orang dewasa. Itu artinya, air berperan penting bagi tubuh. Beberapa fungsi metabolismenya yaitu sebagai medium untuk berlangsungnya transport zat gizi, reaksi enzimatis dan proses transport energi kimia.

Air, Anak Laki Laki, Bahagia, Hidrasi, Masa Kanak Kanak
sumber: pixabay.com

Pemenuhan konsumsi cairan dengan jumlah sesuai kebutuhan sebelum dan sesudah beolahraga tentunya sangat penting. Hal ini bermanfaat untuk menjaga pengaturan panas tubuh, mengurangi risiko terjadinya heat stroke, menjaga pengaturan panas tubuh agar berjalan normal, dan menjaga proses metabolisme energi.

Jika asupan cairan tubuh kamu ngga terpenuhi dengan baik maka akan menyebabkan terjadinya dehidrasi. Kondisi ini mengakibatkan terjadinya penurunan volum transpor zat gizi (intravaskular) sehingga berisiko timbulnya kegagalan fungsi organ, seperti kerusakan pada ginjal hingga kematian.

Cara mengukur status hidrasi

Teman sehat, kamu bisa mengetahui status hidrasi kamu dengan cara  mengukurnya  melalui uji warna urin menggunakan kartu Periksa Urin Sendiri (PURI). Hasil warna urin akan dibandingkan dengan tabel warna urin yang terdiri dari delapan warna, mulai dari warna jernih hingga kuning keruh. Ini akan menjadi panduan untuk mengetahui apakah seseorang mengalami dehidrasi akut atau ngga. Jika warna urin keruh atau gelap disertai dengan volume yang sedikit artinya tubuh kamu dalam kondisi kekurangan cairan.

Anjuran memenuhi kebutuhan cairan saat olahraga

Teman sehat, kamu ngga boleh lupa memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Berikut ini tips untuk kamu dalam memenuhi kebutuhan cairan selama olahraga :

Minum, Kapur, Air, Piala, Air Limau, Detoks, Detox Air
sumber: pixabay.com
  1. Minum dengan jumlah cukup dan rutin agar tubuh terhindar dari dehidrasi yang akan menganggu saat berolahraga
  2. Sebaiknya jangan menunggu rasa haus dulu baru minum, kamu bisa membawa air sendiri saat berolahraga
  3. Sebaiknya hindari minuman yang bersifat diuretik (mudah menyebabkan buang air kecil) seperti kopi, teh, dan minuman bersoda.
  4. Pilih minuman yang cocok untuk berolahraga seperti:

Air putih. Jika kamu olahraga dengan intesitas rendah dan kurang dari 45 menit

Minuman olahraga atau jus buah (encer). Jika melakukan olahraga dengan intensitas sedang-tinggi dengan durasi kurang dari 45 menit atau olahraga endurance dengan durasi lebih dari 45 menit

Sport drink atau minuman olahraga untuk mempertahankan performa dan meningkatkan tubuh.

Nah teman sehat, itulah pentingnya memenuhi status hidrasi saat berolahraga. Kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan ahli gizi untuk bisa menjaga status hidrasimu dengan baik. Share artikel ini ke orang-orang sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Referensi

Rajawali Pers. https://books.google.co.id/books/about/Periodisasi_Gizi_dan_Latihan_Rajawali_Pe.html?id=NWEaEAAAQBAJ&redir_esc=y. Diakses 1 Juni 2021

Universitas Diponegoro. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiUqt6lou7wAhVTfisKHRVMCDoQFjAGegQIBRAD&url=https%3A%2F%2Fejournal3.undip.ac.id%2Findex.php%2Fjkm%2Farticle%2Fdownload%2F18729%2F17807&usg=AOvVaw2fBr9Mk_QidQbhcTs4SVS3. Diakses 1 Juni 2021

Institut Pertanian Bogor. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwixv5Pyr-7wAhVIeH0KHe_vDjMQFjABegQIAhAD&url=https%3A%2F%2Fpersagi.org%2Fejournal%2Findex.php%2FGizi_Indon%2Farticle%2Fdownload%2F100%2F97&usg=AOvVaw11bAruWB_LhX8oKEnLnTD7. Diakses 1 Juni 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.