Mau Buah Ngga Gampang Busuk? Kamu Perlu Tahu Etilen

Halo Sahabat Sehat! Taukah kamu, mengapa buah-buahan yang kamu miliki bisa matang? Ternyata kematangan pada buah disebabkan oleh salah satu senyawa bernama etilen, loh. Senyawa ini merupakan senyawa berbentuk gas yang dalam kehidupan tanaman yang aktif dalam pematangan dan pertumbuhan tanaman. Lalu, bagaimana senyawa ini ditemukan?

mengenal etilen pada buah
Foto: Pexels.com

Sejarah ditemukannya Etilen

Penemuan etilen ternyata berawal dari ketidaksengajaan, loh! Pada tahun 1910, terdapat kapal laut yang mengangkut buah-buahan dari Jamaica ke Eropa. Ternyata buah yang diangkut mengalami kematangan. Nah, kematangan pada buah-buahan ini diduga disebabkan oleh senyawa gas yang ngga terlihat dan terdeteksi. Barulah  di tahun 1934, diketahui bahwa senyawa gas itu  merupakan etilen (C2H4).

Setelah penemuan itu, etilen mulai digunakan dalam skala inudstri untuk mempercepat pematangan buah-buahan. Pada tahun 1859 diketahui bahwa senyawa ini ngga cuma mempengaruhi pematangan buah, tapi juga mengatur pertumbuhan tanaman.

Sejak zaman dahulu, ternyata di Indonesia ada cara tradisional yang sudah digunakan untuk mempercepat kematangan buah, loh. Cara ini biasa dilakukan pada buah pisang. Nah, caranya dengan mengasapi buah pisang dengan asap dari hasil pembakaran daun kering. Diduga cara ini bisa menghasilkan etilen yang mempercepat pematangan pada buah. Selain itu, terdapat cara yang lebih maju untuk membuat buah cepat matang nih, yaitu dengan menggunakan karbit (kalsium karbida).

mengenal etilen pada buah
Foto: Pexels.ocm

Cara Kerja Etilen

Bagaimana merangsang produksi etilen? Produksi senyawa ini dalam jaringan buah dirangsang dengan berbagai kerusakan yang terjadi pada buah. Memarnya buah karena jatuh ataupun lecet dapat merangsang produksi senyawa ini sehingga buah menjadi cepat matang. Terus, apa sih yang bisa menyebabkan produksi etilen menurun?

Ternyata supaya produksi senyawa ini menurun dan buah ngga gampang matang ataupun busuk, kamu bisa mengatur suhu penyimpanan buah yang ingin kamu simpan, karena menurunnya suhu ruang penyimpanan akan menurunkan produksi etilen. Batas suhu penyimpanan tiap buah bisa berbeda ya, Sahabat Sehat.

Menghambat Pematangan Buah

Apabila kamu mau buah bisa simpan lebih tahan lama, kamu bisa coba mengurangi jumlah etilen dalam buah yang kamu simpan. Bagaimana caranya? Kamu bisa melakukan pemakuman atau menyimpan buah pada ruangan dengan suhu lebih rendah. Cara ini bisa menurunkan konsentrasi senyawa ini, sehingga konsentrasinya yang rendah bisa menyebabkan senyawa ini ngga aktif dalam membuat buah menjadi matang.

Nah, setelah Sahabat Sehat mengetahui informasi tentang etilen si pengendali kematangan buah ini, kamu bisa terapkan untuk menyimpan buah ya. Jika kamu ingin buah yang disimpan cepat matang, kamu bisa merangsang produksi senyawa ini. Sedangkan kalau kamu mau buah yang kamu simpan tahan lama, kamu bisa menghambat produksi senyawa ini seperti cara yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat!

Referensi
Muchtadi, R.T., Sugiyono. 2014. Prinsip Proses dan Teknologi Pangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.