Lakukan ini untuk Immune-Boosting Tubuh mu!

Teman Sehat, sudah tau kan kalau “New Normal” terkait pandemi Covid-19 sudah diterapkan di beberapa negara, salah satunya Indonesia? Beberapa aktivitas di luar rumah, sudah mulai banyak dilakukan. Tapi ingat ya, kamu perlu melakukan physical distancing, rajin cuci tangan dengan sabun dan selalu gunakan masker. Selain itu, ada beberapa cara untuk immune-boosting tubuh mu agar ngga mudah terpapar oleh virus. Yuk, simak caranya!

Konsumsi Rempah

Teman Sehat tahu ngga, salah satu alasan Indonesia pernah dijajah Belanda karena rempah-rempahnya. Yap,  Indonesia merupakan salah satu penghasil rempah yang beraneka ragam, loh! Bahan rempah yang banyak dicari ini memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti:

  • Bawang Putih: rempah jenis ini diketahui mengandung tinggi antioksidan dan antiinflamasi. Sebuah studi yang dilakukan oleh Elizabeth, menyebukan bahwa seseorang yang mengonsumsi bawang putih setiap harinya (180 mg), lebih kecil kemungkinannya terkena flu.
  • Kunyit: rempah kunyit yang tergolong sebagai bumbu ini, ternyata bisa meningkatkan produksi beberapa sel utama pada sistem kekebalan tubuh seperti (T-cells, macrophages, neutrophils).
  • Jahe: berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penelitian pada tahun Jung San Chang, membuktikan bahwa jahe segar bisa dijadikan sebagai pengobatan yang efetif terhadap virus yang diketahui menyenankan infeksi saluran pernafasan pada anak-anak dan orang dewasa.

Vitamin juga penting

Biasanya, kamu mendapatkan semua zat gizi melalui asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Tapi, terkadang zat gizi yang terkandung di dalamnya, belum mencukupi kebutuhan harian tubuh. Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin tambahan dengan mengonsumsi suplemen, seperti di bawah ini:

  • Vitamin C: konsumsi Vitamin C (1-2 g) ngga selalu mencegah sesorang untuk terkena flu, tapi bisa mempersingkat durasi serangan flu (8% pada orang tua, 14% pada anak-anak).
  • Vitamin D: menurut survei yang dilakukan Naveen, 42% orang Amerika kekurangan vitamin D. Seseorang yang kekurangan vitamin ini, berisiko lebih besar terserang penyakit. Oleh karena itu, kamu yang mengalami kekurangan vitamin D, disarakan untuk mengonsumsi suplemen dengan batas maksimal sebesar 10.000 IU setiap harinya.
  • Probiotik: probiotik merupakan bakteri baik yang dibutuhkan sistem pencernaan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan di Virginia, USA menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik selama sebulan, bisa menghindarkan kamu dari virus flu, karena kekebalan tubuh yang lebih kuat. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengonsumsi kimchi, yogurt, kefir, maupun asinan kubis dan timun.

Let’s be positive!

Memiliki pemikiran yang positif sangat berdapak besar, loh pada kesehatan!  Sebuah studi yang dilakukan oleh Sheldon, pada lebih dari 300 orang yang memiliki emosi positif (seperti bahagia, tenang, optimis) dan juga emosi negatif ( seperti sedih, pesimis, putus asa) selama 3 minggu. Hasilnya, seseorang yang memiliki emosi positif nemiliki kemungkinan lebih kecil terserang flu dibandingkan dengan seseorang yang sering megalami emosi negatif.

Nah, sekarang kamu sudah semakin tahu kan, kalau banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun agar ngga mudah terserang penyakit? Selama masa pendemi ini, jangan lupa untuk selalu care pada tubuh ya! Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *