Apa ya, Bedanya Hiburan dan Liburan?

Teman Sehat, bagi sebagian orang, liburan akhir tahun akan dimanfaatkan buat  beristirahat dan berkumpul bersama keluarga. Tapi mungkin, bagi yang masih disibukkan dengan pekerjaannya, liburan akan terasa seperti hari-hari biasa.

Yap, hal ini akan menyebabkan rasa stres kamu meningkat dan beristirahat sejenak adalah salah satu solusinya. Kamu bisa mencari hiburan atau libur sejenak untuk melepaskan semua rasa stres. Tapi kamu tau ngga sih, ternyata hiburan dan liburan itu berbeda? Mau tau apa bedanya? Let’s check it out!

Perbedaannya

Kalau kamu dengar, kata ‘liburan’ dan ‘hiburan’ bisa dikatakan sangat mirip, bagaikan pinang dibelah dua. Tapi ternyata makna keduanya berbeda, loh! Liburan, bermakna melakukan aktivitas berpergian ke suatu tempat yang belum tentu membuat kamu terhibur.

Sedangkan hiburan, bermakna sesuatu hal yang bisa membahagiakan kamu walaupun hanya melakukan hal kecil. Jadi, jika kamu memutuskan buat pergi ke suatu keramaian untuk melepaskan penat, bisa dikatakan pilihan itu kurang tepat. Hal ini dikarenakan ngga semua orang bisa mendapatkan hal positif di tengah keramaian.

Bisa jadi dengan sedikit hiburan, seperti melihat anak kecil tertawa lepas bermain di taman, nonton film, pergi ke kedai kopi favorit atau melakukan hobi yang kamu suka, bisa memulihkan semangat dan produktifitas dalam bekerja, tanpa harus pergi liburan.

Jadi, pilih liburan atau hiburan ya?

Baiknya pilih yang mana? Yap, lebih baik carilah liburan yang bisa menghibur kamu. Jika ingin liburan, kamu harus mempersiapkan hal yang akan dilakukan selama di sana.

Ajaklah orang terdekat kamu seperti keluarga atau sahabat, agar bisa saling bercerita dan berbagi kebahagiaan. Oh iya, pastikan jadwal liburan ngga mengganggu aktivitas pekerjaan atau pelajaran kamu, ya! Selain itu, jangan lupa selesaikan pekerjaan kamu sebelum liburan,  agar ngga ada beban selama beristirahat.

Yuk, tentukan sekarang!

Setelah menjadwalkan liburan, kamu bisa memilih tempat wisata yang direkomendasikan oleh beberapa orang di internet. Pilihan ini tergantung dengan cara kamu menanggulangi kepenatan yang dirasakan, seperti pergi ke tempat yang tenang, sunyi, ramai, pedesaan atau perkotaan dengan suasana yang berbeda.

Pantai atau pegunungan masih menjadi salah satu referensi yang oke loh, buat liburan! Jika saat berlibur mengajak sanak saudara atau anak kecil, kamu bisa mencoba berpergian ke taman wisata. Taman wisata sangat cocok untuk semua umur, mulai dari anak-anak sampai dengan dewasa.

Oh iya, referensi yang kamu cari di internet, akan sangat memudahkan untuk mengatur keuangan saat liburan, loh! Kamu bisa mengatur biaya transportasi dan akomodasi dengan baik, sehingga selesai liburan keuangan kamu tetap dalam keadaan aman.

Nah, sekarang sudah tau kan perbedaannya ‘hiburan’ dan ‘liburan’? Yuk, hibur dirimu dengan sejenak melakukan liburan, agar kesehatan mental kamu tetap terjaga! Semoga bermanfaat Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *