Stres, Traveling ke Alam Terbuka Aja!

Teman Sehat, lelahnya bekerja atau belajar seharian, terkadang membuat pikiran menjadi penat dan stres. Nah, kalau mulai merasa seperti ini, lebih baik menepi sejenak, untuk menyegarkan pikiran kamu. Salah satunya dengan menikmati keindahan alam.

Yap, bagi sebagian orang, alam bisa dijadikan sebagai sarana rekreasi dan relaksasi yang sangat efektif. Mendaki gunung, menjelajahi hutan, pantai atau hanya sekadar piknik di taman, bisa manjadi salah satu alternatifnya.

Mendekatkan diri dengan alam sangat dianjurkan, loh buat menjaga kesehatan jiwa dan raga. Terutama untuk membangun pikiran dan mental yang kuat. Apa aja sih, manfaat menikmati keindahan alam? Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Meningkatkan ‘mood’

Berdasaran penelitian yang dilansir oleh Psycology Today, kegiatan diluar ruangan baik, loh buat meningkatkan perasaan bahagia kamu. Studi yang dilakukan pada tahun 2015, menyatakan bahwa berjalan-jalan di hutan bisa menurunkan risiko depresi, loh!

Penelitian lain juga menyatakan bahwa, orang yang tinggal di pedesaan memiliki risiko kecemasan 20% lebih rendah dan gangguan mood 40% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tinggal di perkotaan. Hal ini, mungkin dipengaruhi oleh sedikitnya ruang terbuka hijau di perkotaan.

2. Menenangkan pikiran

Menurut studi pada tahun 2013 yang diterbitkan oleh British Journal of Sports Medicine, berjalan sejauh 0,5 mil (800 m) mengelilingi taman, bisa mengurangi kelelahan di otak.

Beberapa peneliti juga mengataan bahwa, otak manusia memiliki fokus yang terbatas. Kebisingan yang ada di perkotaan dan tuntutan hidup, bisa menyebabkan penurunan mental, sehingga dengan berjalan-jalan di taman bisa mengalihkan pikiran dari situasi yang sangat menekan setelah beraktifitas seharian.

3. Mengurangi stres dan menambah kreatifitas

Jika kamu tinggal di sekitar pantai, hal ini menguntungkan banget loh! Kenapa Karena menurut studi di tahun 2016 yang diterbitkan oleh Health & Place, meghabiskan waktu di laut, bisa mengurangi depresi dan kecemasan, loh! Ketenangan air di laut, juga bisa meningkatkan ketenangan batin dan kreativitas kamu.

4.    Membangun kekuatan mental

Setiap orang memiliki kemampuan untuk mengembangkan mentalnya. Agar kesehatan mental kamu tetap kuat, mulailah melepaskan kebiasaan buruk yang menggganggu.

Kamu bisa memulainya dengan rutinitas harian yang baru dan sederhana, seperti traveling. Mulailah dengan traveling ke daerah sekitar kamu. Traveling bisa membantu kamu keluar dari zona nyaman dan belajar beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

5. Memandang gambar alam, kenapa ngga?

Kalau kamu bekerja di daerah perkotaan yang jauh dari taman, ngga perlu khawatir memikirkan cara melepaskan penat yang ada. Lihatlah foto atau lukisan alam yang ada di kantor atau pandanglah pemandangan di luar jendela ruangan kamu.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada pasien di rumah sakit, pasien yang kamarnya dekat dengan jendela sehingga bisa melihat ruang terbuka hijau, akan lebih cepat pulih. Selain itu, penelitian lain juga dilakukan saat pasien melihat gambar pemandangan. Hasilnya, mampu mengurangi rasa sakit dan menurunkan kecemasan pasien.

Nah, sekarang kamu tau kan? Kalau ternyata alam memberikan efek menenangkan dan memberi kekuatan buat mental manusia. Jadi, keluarlah dan habiskan sedikit waktu kamu di alam.

Selain baik untuk kesehatan fisik, hal ini adalah cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan psikologis kamu, loh! Yuk, jalan-jalan Teman Sehat! Jangan lupa share pengalaman jalan-jalan kamu di sini ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *