Apa aja ya, Camilan yang Baik selama Travelling?

Teman Sehat, ngga bisa dihindari saat sedang berlibur atau travelling ke suatu tempat, keinginan buat ngemil atau jajan biasanya sangat besar. Nah, biasanya camilan yang kamu konsumsi, seperti keripik kentang, wafer, cokelat atau cookies.

Ternyata tanpa disadari, makanan yang kamu konsumsi mengandung kadar gula, garam dan kalori yang cukup tinggi. So, alangkah baiknya saat travelling, kamu memperhatikan dan mempersiapkan camilan yang enak dan sehat. Mau tau apa aja, camilan yang baik selama travelling? Yuk, simak penjelasannya!

Buah – buahan

Buah merupakan salah satu alternatif camilan yang bisa mengurangi konsumsi makanan manis, seperti cake, coklat, atau minuman manis lainnya. Selain rasanya manis, buah juga mengandung vitamin, mineral, dan serat yang bisa memberikan manfaat bagi tubuh, seperti memperlancar sistem pencernaan, mengatur kadar gula dalam darah, mengontrol rasa lapar, dan kandungan kalori yang cukup rendah.

Sayuran potong

Saat melakukan travelling, alangkah baiknya kamu memenuhi asupan serat, vitamin dan mineral selain dari buah juga dari sayuran, seperti fresh salad. Beberapa bahan sayuran, bisa kamu potong menjadi bagian yang lebih kecil, kemudian direbus dan dimasukkan kedalam wadah yang kedap udara. Kamu bisa menambahkan salad dressing sebagai tambahannya, seperti olive oil atau mayonais.

Snack kemasan

Sebenarnya, bukannya kamu ngga boleh mengonsumsi snack kemasan, tapi pehatikanlah kandungan zat gizi atau nutrition fact yang ada pada kemasan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir asupan kalori yang tinggi, sehingga akan mengganggu aktivitas.

Kamu bisa mengecek informasi kedarluasa pada kemasan, komposisi dan kandungan kalori sebelum mengonsumsinya. Memperhatikan nutrition fact, bisa  mengajarkan kamu untuk mempertimbangkan kembali makanan kemasan yang ingin dikonsumsi dan mengontrol jumlah asupan kalori ke dalam tubuh.

Penuhi kebutuhan air di dalam tubuh

Selain memilih makanan yang dikonsumsi, kamu juga perlu minum air mineral selama perjalanan. Hal ini dilakukan agar kamu ngga dehidrasi selama perjalanan dan tetap fokus dalam berkendara. Seperti yang telah kamu ketahui, sebaiknya dalam sehari minum 8 – 10 gelas per hari.

Selain dari air mineral, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh dari sayur dan buah yang memeilii kandungan air yang cukup banyak. So, penting buat kamu untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dalam melakukan aktivitas atau pekerjaan maupun pada saat melakukan travelling.

Nah, itulah beberapa camilan yang bisa kamu persiapkan selama liburan. Selain lebih hemat, kamu juga bisa menjaga kesehatan orang-orang disekitar dengan menyediakan camilan sehat selama di perjalanan. Jadi, selamata mencoba Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *