Apakah Kamu termasuk Remaja Berbakat? Cek 14 Tanda ini!

Halo Teman Sehat! Apakah kamu termasuk remaja yang berbakat dan berprestasi? Sebagai remaja yang sedang dalam pencarian jati diri dan semangat-semangatnya berkarya, memiliki segudang prestasi tentunya akan menjadi suatu kebanggan. Tapi, tahukah Teman Sehat kalau ada ciri-ciri tertentu yang dimiliki oleh remaja yang berbakat?

Drs. Alex Sobur, M.Si dalam bukunya Psikologi Umum mengadopsi gaya pertanyaan Conni M Eales (psikolog dari Los Angeles) untuk mengungkapkan kepribadian anak-anak dan remaja yang sedang mengalami fase transisi. Beliau pun berhasil mengungkap ciri-ciri tertentu yang cuma dimiliki remaja berbakat. Nah, ini dia 15 tanda yang akan meyakinkan Teman Sehat bahwa kamulah salah satu The Talented Teenager.

1. Remaja berbakat ngga pernah puas dengan keinginannya dan selalu ingin mengetahui banyak hal

2. Memiliki koleksi kosa kata yang sulit dan luas, yang kadang sulit dipahami oleh teman sebayanya

3. Selalu tekun dan fokus terhadap cita-citanya dan ngga mudah tergoyahkan

4. Memiliki selera humor dan mampu menangkap pesan dari lawan bicara lebih cepat

5. Remaja berbakat memiliki kemampuan multitasking dan banyak potensi, ngga cuma menonjollan satu kemampuan

6. Mampu memecahkan hal-hal rumit seperti tugas sekolah yang banyak dan aktif dalam berbagai kegiatan sekolah

7. Ketika bosan, remaja berbakat bisa menciptakan sesuatu yang menarik bagi dirinya sendiri bahkan bisa membuat solusi-solusi tersendiri

8. Selalu bersemangat dalam menghadapi tantangan di usianya

9. Cepat mempelajari sesuatu dan mencoba mengaplikasikannya

10. Ingatan yang kuat dan tajam akan suatu hal. Mampu membagi permasalahan dalam beberapa sudut pandang, sehingga ngga monoton.

11. Remaja berbakat adalah seorang pendengar yang baik juga loh!

12. Selalu tercipta ide-ide baru, nyeleneh, spele, aneh, unik, dan original yang ngga terpikirkan oleh beberapa teman sebayanya bahkan orang dewasa sekalipun

13. memiliki keterampilan yang mendominasi seperti : seni musik, seni rupa, seni peran (drama), olahraga, kepemimpinan, public speaking, kepenulisan, merancang busana, dan potensi lainnya.

14. Memiliki tingkat kefokusan lebih tinggi untuk menyelesaikan pekerjaannya, dalam hal ini terbiasa mengerjakan tugas belajar, pekerjaan rumah dan tugas-tugas lainnya secara efektif dan efisien.

Nah, itulah tanda-tanda umum remaja yang cerdas dan berbakat Teman Sehat. Sudah berapa poin yang Teman Sehat miliki? Tapi, tentunya diluar 14 ciri diatas, faktor kemampuan, kreativitas, dan tanggung jawab juga menjadi penilaian tersendiri dalam penentuan bakat seseorang. Segala sesuatunya juga tergantung dari motivasi apakah remaja tersebut selalu bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu, ngga mudah putus asa, selalu terdorong untuk berprestasi, memiliki minat, berdo’a dan bersyukur tentunya. Ingat, orang yang ngga punya bakat tapi rajin lebih baik dari pada orang yang berbakat tapi malas. Yuk, asah diri kita menjadi pribadi yang rajin dan senantiasa mau belajar!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *