Apakah Sedotan Kertas Aman Digunakan?

Halo Sahabat Sehat, di masa sekarang banyak bertebaran penggunaan sedotan yang terbuat dari kertas dan lebih eco friendly. Beberapa dari kamu mungkin bertanya-tanya, apakah sedotan kertas aman untuk digunakan? Mengingat sifatnya yang mudah menyerap cairan sehingga memungkin untuk tertelan. Penasaran? Oleh karena itu itu, yuk cari tahu jawabannya di artikel ini!

sedotan kertas
Foto: Pexels.com

Sedotan kertas di Indonesia

Sedotan kertas sudah digunakan oleh beberapa produsen susu di Indonesia. Lagi, alasannya ialah untuk menyelaraskan antara sehat, sejahtera, dan menjaga kelestarian lingkungan pada masyarakat Indonesia. Sedotan-sedotan kertas ini dibuat menggunakan kertas murni yang berasal dari perkebunan yang sudah tersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC). Kertas tersebut dikelola secara berkelanjutan dan diyakini ramah lingkungan.

Plus minus sedotan kertas

Seperti yang kita ketahui, sedotan kertas merupkan jenis sedotan yang mudah terurai, bahannya yang termasuk bahan organik membuatnya sangat cocok digunakan untuk mendukung gerakan ramah lingkungan. Tapi, sedotan kertas mudah menjadi lembek dan rusak bila terlalu lama terkena cairan dan hanya bisa digunakan untuk sekali pakai.

Amankah digunakan?

Sedotan kertas yang biasanya digunakan sebagai sarana untuk meminum aman untuk produk pangan. Ini dikarenakan sedotan kertas yang digunakan haruslah lulus uji migrasi (perpindahan zat dari kemasan ke produk pangan) sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan Perka BPOM tentang kemasan pangan.

amankan menggunakan sedotan kertas
Foto: Pexels.com

Bagaimana jika ngga sengaja tertelan?

Sedotan kertas sangat mudah untuk menjadi lembek setelah kontak dengan cairan sehingga rentan tertelan. Tapi, kamu ngga perlu khawatir, penelitian membuktikan bahwa sedotan kertas bisa bertahan setelah kontak dengan cairan selama 60 menit di suhu ruang, dan sampai dengan 4 jam jika suhu dingin, sekitar 4°C. Hal ini aman dan cukup untuk digunakan dalam menghabiskan satu kotak susu, atau bentuk minuman lainnya. Apabila kamu ngga sengaja menelan bagian sedotan kertas, kamu juga ngga perlu khawatir karena dalam pembuatannya, sedotan kertas yang beredar dipasaran sudah memenuhi aturan atau syarat keamanan kemasan pangan yang berlaku, termasuk bahan pembuatnya.

Meskipun sedotan ini dipastikan aman, perlu Sahabat Sehat ketahui bahwa sedotan kertas bukan untuk digigit, dikunyah, atau ditelan, ya!

Nah, Sahabat Sehat sekarang pastinya sudah tahu jawaban dari pertanyaan “Amankah menggunakan sedotan kertas?”.  Jika Sahabat Sehat merasa ngga nyaman menggunakan sedotan kertas, kamu bisa memilih jenis sedotan yang ramah lingkungan lainnya, seperti sedotan kaca, bambu, dan besi yang bisa digunakan kembali dan dibawa kemanapun.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Frisian Flag. 2021. Sedotan Kertas. https://www.frisianflag.com/sustainability/selaras/manajemen-limbah/sedotan-kertas. Diakses pada 26 September 2021

Gutierrez, J. N., Royals, A. W., Jameel, H., Venditti, R. A., and Pal, L. (2019). “Evaluation of paper straws versus plastic straws: Development of a methodology for testing and understanding challenges for paper straws,” BioRes. 14(4), 8345-8363.

Puspandam, A. S. 2020. Inovasi Starter Kit Perlengkapan Makan Berbahan Dasar Bambu Sebagai Alternatif Penggunaan Plastik. Seminar Nasional Envisi 2020: Industri Kreatif.

https://pixabay.com/id/photos/sedotan-kertas-kaca-stoples-2572073/

https://www.pexels.com/photo/photo-of-glass-of-milk-on-table-1675976/

https://www.pexels.com/photo/set-of-steel-straws-and-brush-on-reusable-bags-7262894/

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.