Berani Coba? Inilah 3 Hidangan Unik Bernilai Gizi Tinggi

Halo Teman Sehat! Kebanyakan orang Indonesia mungkin udah biasa makan lauk-pauk seperti ayam, ikan, daging sapi, telur, tahu, dan tempe kan. Tapi, pernah ngga sih kamu makan belalang, bekicot, atau makanan yang ngga lazim lainnya? Ternyata, di beberapa wilayah khususnya di tempat yang menjunjung tinggi tradisi, hidangan-hidangan itu jadi santapan sehari-hari loh, Teman Sehat!

Selain rasanya yang beda, hidangan ini ternyata kaya akan zat gizi loh. Penasaran? Yuk, simak!

Inilah 3 Hidangan Unik Bernilai Gizi Tinggi

1. Belalang

Kamu pasti tau kan Teman Sehat kalau belalang dikenal sebagai hama tanaman? Ternyata, masyarakat Gunung Kidul Yogjakarta berhasil mengubahnya jadi hidangan yang lezat. Ngga cuma rasanya yang lezat, belalang juga bernilai gizi tinggi loh, Teman Sehat!

Dalam 100 gram belalang, terkandung 257 kalori, 8 gram karbohidrat, 1.4 gram protein, asam lemak esensial, vitamin A, vitamin C, dan kalsium. Belalang juga bisa jadi sumber pangan alternatif buat bantu mengatasi masalah kerawanan pangan dan gizi di masyarakat, Teman Sehat! Soal rasa? Kamu harus coba belalang goreng yang ga kalah enak dibanding ikan atau ayam.

2. Keong

Ternyata, keong, bekicot, tutut dan keluarganya udah jadi santapan sebagian orang Indonesia sejak zaman dulu. Tapi, popularitas keong sebagai sumber protein hewani masih belum popular, Teman Sehat! Banyak orang yang ngga mau makan keong dengan alasan takut rasanya yang amis, berlendir, atau pahit.

Padahal, dalam 100 gram keong terkandung 136 kalori, 2.4 gram karboidrat, 19.5 gram protein, kalium, vitamin A, zat besi, dan lain-lain. Di negara lain, keong udah mulai disantap sebagai makanan sehari-hari, bahkan di Perancis 1 porsi keong alias escargot dihargai ratusan ribu sampai jutaan loh, Teman Sehat!

3. Ulat sagu

Ulat sagu yang bisa kita temukan di batang pohon sagu ini memang terkenal banget bagi masyarakat di daerah Papua. Kamu bisa memakannya mentah-mentah atau diolah dengan cara ditumis, disate, atau dikukus. Kandungan gizinya juga tinggi loh. Ulat sagu mengandung protein dan asam amino esensial yang baik buat dukung perbaikan jaringan tubuh, Teman Sehat.

Nah, itulah tiga makanan ngga lazim yang ternyata bergizi, Teman Sehat! Kamu berani mencobanya? Jangan lupa juga buat terus lestarikan keragaman kuliner ya Teman Sehat! Kamu suka makan makanan unik lainnya? yuk share di kolom komentar.

Editor & proofreader : Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.