Bingung Pilih Mainan Anak? Simak 4 Tips ini!

Halo Teman Sehat!

Kamu suka main dengan anak-anak? Yap, sebagai teman main yang asik dan bijak, sudah sepatutnya kita tau mainan anak apa saja yang bisa mendukung perkembangan indera dan potensi mereka. Terus, gimana sih cara memilih mainan anak dengan tepat? Yuk simak!

pilih mainan

Inilah 4 Tips Tepat Memilih Mainan Anak:

1. Mainan yang sesuai umurnya

Yap, kamu harus pastikan kalau paket mainan anak sesuai dengan usia mereka. Mainan yang sesuai dengan usianya bisa mendorong perkembangan kemampuan motorik, kognitif, dan emosi anak sesuai usianya loh, Teman Sehat! Kalau anak diberikan mainan yang ngga sesuai dengan usianya, ini bisa memicu beberapa kemungkinan buruk seperti anak bisa tersedak akibat adanya bagian kecil dari mainan yang belum mereka pahami atau kuasai. Jadi, selalu perhatiin kemasan mainan anak sebelum kamu membelinya ya!

2. Mainan yang dapat mendorong pola pikirnya

Mainan yang bisa dimanipulasi jadi berbagai bentuk seperti balok yang bisa disusun, puzzle yang sesuai usianya adalah contoh mainan yang baik buat perkembangan motorik, kognitif dan keterampilan perseptual anak. Keterampilan perseptual anak adalah kemampuan anak mengenal lingkungan dan mengolah informasi yang ada di lingkungan sekitarnya.

3. Mainan yang mendukung kemampuan panca inderanya

Yap, warna dan tekstur mainan yang beragam bisa menstimulasi perkembangan atensi dan panca indera anak, loh Teman Sehat! Instrumen musik, puzzle bertekstur, mainan yang bisa bergerak, dan mainan cermin yang aman bisa jadi contoh mainan yang baik buat perkembangan panca inderanya.

4. Mainan yang aman

Tips terakhir ini jangan sampai kamu abaikan ya, Teman Sehat! Lalu gimana sih memilih mainan anak yang aman?

Berikut ini beberapa tips membeli mainan yang aman buat anak.

  1. Perhatikan label kemasan : perhatikan informasi rentang usia dan cara penggunaan mainan dengan aman. Pastikan bahwa mainan dibuat dari bahan tidak beracun ya, Teman Sehat!
  2. Ukuran : nah, sebaiknya pilih mainan yang berukuran lebih besar daripada mulut anak buat mencegah anak tersedak bagian kecil dari mainannya.
  3. Suara : hindari mainan yang memiliki suara terlalu keras buat cegah gangguan pendengaran anak ya, Teman Sehat!
  4. Pastikan mainan dibuat dengan baik : perhatikan bahwa semua bagian seperti jahitan, sudut benda mainan ngga membahayakan anak. Hindari mainan bertali terlalu panjang.
  5. Pilih mainan yang tidak mudah hancur seperti pilih mainan plastik yang kuat.
  6. Mainan elektrik : cek label kemanan dan perhatikan anak saat bermain dengan mainan beraliran listrik.

Nah, udah tau kan Teman Sehat gimana caranya memilih mainan yang baik untuk anak. Yuk, dukung kembang tumbuh anak salah satunya dengan memilih mainan asik dan aman! Jadi, mainan apa yang mau kamu beli? (dwi&don)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.