3 Cara Belanja Cerdas agar Diet Tetap Aman!

Halo Teman Sehat! Selamat awal bulan, selamat belanja cerdas!

Ada kebiasaan istimewa nih setiap awal bulan. Yap! Belanja kebutuhan bulanan.

Tapi, buat kamu yang lagi diet, hati-hati ya! Jangan sampai rutinitas bulanan ini menggagalkan dietmu.

Taukah kamu? Diet bisa sukses bukan hanya dengan menghabiskan waktu berjam-jam di pusat kebugaran, tapi ternyata juga dengan teknik belanja yang tepat!

Nah, ingin tepat berbelanja supaya diet tetap lancar berjalan? Yuk, simak 3 hal ini!

1. Buatlah shopping list

Sebelum kamu beranjak pergi dari rumah menuju supermarket, cobalah untuk memperhatikan deretan barang yang akan dibeli. Proses berbelanja jangan dilakukan pada saat merasa lapar dan marah. Belanja saat lapar atau marah sering kali meghasilkan pembelian impulsif alias semaunya, yang mengakibatkan tidak membeli sesuai dengan yang dibutuhkan. Maka, buatlah shopping list untuk memastikan kamu berpikir secara logis sebelum berbelanja. Hal ini juga membuat Teman Sehat lebih hemat loh!

2. No snack at home

Ya, emang paling menyenangkan ketika nonton TV sambil makan makanan ringan seperti keripik ataupun es krim. Tapi, Teman Sehat perlu inget bahwa makanan camilan camilan dapat berdampak pada psikologis seseorang. Teman Sehat akan menjadi sulit untuk mengelola waktu makan yang seharusnya teratur. Selain itu, dengan adanya camilan, akan memudahkan Teman Sehat untuk terus “berlari” ke arah makanan, apa pun kondisinya.  Jadi, jauhkan selalu makanan ringan di dekat Teman Sehat mulai dari sekarang ya!

Ganti camilanmu dengan makanan yang lebih sehat, bergizi, dan tentunya rendah kalori, seperti buah-buahan yang bisa kamu jadikan smoothie atau kamu makan secara langsung. Sayur juga bisa jadi camilan kece loh, seperti bule-bule yang hobi banget makan salad.

3. Jangan dekat makanan ketika lagi marah

Yap! Jangan dekat-dekat dengan makanan ketika kamu lagi marah, apalagi pas belanja! Pastikan bahwa pengelolaan emosi kamu tepat ketika berhadapan dengan makanan. Alihkan rasa marah dengan bentuk lain seperti olahraga, membaca atau mendengarkan musik. Hal itu bisa menghilangkan rasa marah sebelum mengonsumsi makanan loh! Cara lain yang dapat dilakukan adalah melakukan sedikit “meditasi” sebelum makan apabila dalam keadaan marah.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, lakukan 3 tips belanja cerdas ini mulai dari bulan ini!(agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *