Dalgona Coffee, Apakah Manfaatnya Semanis untuk Tubuh?

Dalgona coffee, pasti Teman Sehat udah nggak asing lagi dengan minuman hits satu ini. Banyak orang mencoba membuatnya saat #dirumahaja. Bisa jadi hanya sekadar untuk mengisi waktu luang, atau karena rindu dengan minuman ala cafe yang sudah lama ngga dinikmati. Tapi kamu pernah kepikiran ngga sih, minuman yang satu memiliki manfaat bagi tubuh? Yuk, simak penjelasannya!

Dalgona coffee

Dilansir dari CNN Indonesia, istilah dalgona sebenarnya telah lama ada di Korea. Istilah ini, berasal dari makanan yang terbuat dari gula yang dipanaskan hingga menjadi permen karamel.

Kemudian trend ini mulai meningkat, dikarenakan ada seorang aktor yang berasal dari Korea memperlihatkan cara pembuatan kopi dalgona. Kopi ini dibuat dengan cara mengocok campuran kopi, gula dan air dengan kecepatan tertentu hingga menghasilkan tekstur seperti foam yang lembut. Kemudian kopi tersebut disajikan di atas susu.

Bagaimana manfaatnya bagi tubuh?

Jika dilihat dari komposisi bahan yang digunakan, seperti susu, kopi, dan gula maka bahan-bahan ini punya manfaat yang baik bagi tubuh. Seperti susu, minuman ini mengandung sejumlah zat gizi seperti protein, kalsium, zat besi, dan zat gizi lainnnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan erat kaitannya dengan kesehatan tulang.

Lalu, kopi sebagai bahan utamanya, juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Dalam studi yang dilakukan oleh Farida, menyebutkan bahwa kopi memiliki beberapa manfaat antara lain adalah mengandung zat antioksidan, zat anti kanker, dan merangsang kinerja otak.

Apakah akan baik jika dicampur?

Seperti yang kamu tahu, di dalam susu terkandung komponen zat besi (Fe), sedangkan kopi mengandung senyawa tannin. Menurut Pratiwi dalam studinya, jika zat gizi Fe bertemu dengan senyawa tannin, maka akan menghambat penyerapan zat gizi Fe di dalam tubuh.

Kemungkinan dampak penghambatannya, ngga terlalu signifikan. Tapi, hal ini akan menggangu, jika kamu benar-benar ingin mengambil manfaat dari susu seutuhnya. Kalau kamu hanya menginginkan kenikmatan dari rasanya, mencampur kopi dan susu bisa jadi pilihan yang baik.

Bolehkah konsumsi minuman ini?

Konsumsi dalgona coffee tetap diperbolehkan ya, Teman Sehat, asalkan ngga berlebihan. Terutama ketika menambahkan gula ke dalamnya. Menurut studi yang dipublikasikan oleh Kementerian Kesehatan, batas konsumsi harian gula/orang/harinya adalah 10% dari total energi seseorang atau sebanding dengan 4 sendok makan per harinya.

Segala sesuatu yang berlebih memang mendatangkan dampak yang kurang baik. Konsumsilah minuman ini dengan bijak, karena tubuh kamu butuh keseimbangan agar tetap terjaga kesehatannya.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *