Kenali 3 Bagian Daging Sapi paling Favorit Ini

Halo Teman Sehat! Omong-omong soal dapur, pasti ngga jauh-jauh dari olahan daging sapi. Udah kebayang mau dimasak apa? Eits! Jangan sampai salah pilih jenis daging ya untuk olahan makanan kesukaan kamu. Biar hasilnya pas dan enak, maka kamu perlu tahu dulu bagian-bagain daging sapi.

Nah, ada 3 bagian sapi yang paling istimewa karena banyak disukai masyarakat dan memiliki harga yang fantastis. Penasaran apa aja?

1. Tenderloin atau daging has dalam

Tenderloin diperoleh dari potongan bagian tengah sapi, yaitu pada bagian tulang belakang, terletak diantara persendian panggul dan tulang belikat. Jenis potongan daging sapi ini banyak disukai karena kandungan lemaknya yang sangat sedikit serta tekstur yang empuk. Rendahnya kandungan lemak dan kelembutan pada bagian ini menjadi daya tarik tenderloin.

Tenderloin memiliki lapisan lemak tipis di permukaannya. Lapisan ini dapat ditinggalkan atau tetap digunakan tergantung olahan yang akan digunakan. Memasak tumisan atau sup tenderloin dapat dilakukan dengan menghilangkan selaput lemak tipis di permukaan tenderloin. Tapi, jika Teman Sehat ingin memanggangnya untuk olahan BBQ atau steak, usahakan jangan membuang selaput lemak tipis tersebut karena selaput tersebut yang menjaga daging agar tetap lembut dan lembab/tidak mengering.

2. Sirloin atau daging has luar

Sirloin merupakan potongan daging sapi dari bagian belakang sapi, dimulai dari bawah daging iga hingga sampai pada sisi luar tenderloin. Sirloin memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan tenderloin karena sirloin memiliki bagian-bagian otot yang masih sedikit keras. Kandungan lemak sirloin sedikit lebih banyak dibandingkan dengan tenderloin, sehingga rasanya lebih gurih dan teksturnya lebih kenyal.

Sirloin terdiri dari bagian atas dan bawah. Bagian atas sirloin memiliki tekstur yang lebih lunak karena ototnya lebih ringan, tapi untuk sirloin bagian bawah memiliki otot yang lebih keras. Nah, untuk jenis potongan ini, Teman Sehat dapat mengolahnya menjadi rendang, bistik, sate, tongseng, bakso, steak, soto dan lainnya. Kebayangkan nikmatnya?

3. Rib (daging dan tulang iga)

Bagian ini terdiri dari potongan daging yang berada di sekeliling tulang rusuk (iga). Bagian iga sapi termasuk bagian yang paling banyak dikonsumsi. Keberadaan daging di sekeliling tulang menjadikan cita rasa bagian ini lebih khas karena aroma tulang dan lemak disekitarnya. Daging iga memiliki otot yang lebih keras sehingga perlu pemasakan yang lebih lama. Umumnya olahan bagian ini adalah sop atau aneka masakan kuah lainnya, tapi kamu bisa juga memanggangnya setelah proses perebusan untuk melunakkan ototnya.

Udah tahu kan Teman Sehat? Saat mengolah daging, jangan hanya memperhatikan cita rasa serta penampakannya, tapi perhatikan juga olahan yang tepat untuk mempertahankan kandungan gizinyaSo, kamu mau masak olahan daging sapi apa hari ini? Share resepnya yuk di kolom komentar!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *