Hal-Hal yang Membuatmu Tetap Sejuk Meski Udara Panas Menusuk

Halo Teman Sehat! Dibulan ini sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim panas alias kemarau. Ngga dipungkiri kalau makin hari udara terasa makin panas. Hal ini memicu keringat keluar bercucuran saat beraktivitas. Ngga nyaman kan pastinya? Sebenarnya efek musim panas ini bisa kamu hindari jika kamu teliti dalam konsumsi makanan dan memilih pakaian yang kamu kenakan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini!

 

Kurangi konsumsi makanan pedas dan asin 

Teman Sehat siap dengan konsekuensi yang satu ini? Makanan tinggi garam ternyata bisa meningkatkan suhu tubuh loh! Sebaiknya Teman Sehat menghindarinya saat suhu udara di luar sedang panas agar tetap nyaman beraktivitas. Selain itu, makanan pedas juga bukan pilihan yang tepat karena bisa merangsang kelenjar keringat memproduksi keringat dalam jumlah yang berlebihan.

Penuhi kebutuhan cairan

Saat suhu udara tinggi, tubuh kita cenderung rentan dehidrasi. Minuman bersoda yang dingin mungkin memang menyegarkan. Namun hal itu tentu ngga cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita. Jangan lupa untuk tetap minum air putih yang cukup agar kesegaran tubuh tetap terjaga.

Perhatikan pakaian yang kamu kenakan

Nah, Teman Sehat harus cermat dalam memilih pakaian. Jika pilihan outfit kamu asal-asalan, bisa jadi kamu malah tambah kepanasan. Saat cuaca sedang panas, sebaiknya kamu memilih pakaian yang berwarna terang, ngga ketat, dan mampu menyerap keringat. Memilih pakaian yang tepat akan semakin membuatmu nyaman dalam menjalani aktifitas yang padat.

Lindungi kulit dengan tabir surya

Tabir surya harus masuk dalam list kebutuhan harian, terutama bagi teman Sehat yang kebanyakan beraktivitas di luar ruangan. Sinar matahari memang baik untuk kesehatan karena merangsang tubuh memproduksi vitamin D, tapi terlalu lama terkena sinar matahari juga akan berdampak buruk bagi kesehatan. Pakaian saja ngga cukup buat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Untuk itu, Teman Sehat perlu tabir surya agar kelembaban dan kesehatan kulit tetap terjaga.

Pilih bantal dan seprai berbahan katun

Karena udara panas ngga cuma terjadi di siang hari, maka saat beristirahat di malam hari pun ada beberapa hal yang perlu Teman Sehat perhatikan. Terkait pilihan bantal dan seprai, pilihlah yang berbahan dasar katun karena bahanya yang adem. Penggunaan kipas angin atau AC juga solusi yang tepat! Dan jangan lupa perhatikan status hidrasi, segeralah minum saat Teman Sehat merasa kehausan di malam hari.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Teman Sehat lakukan agar tetap prima dan nyaman di musim panas. Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *