Hati-hati! 4 Hal Ini Akan Terjadi Kalau Kamu Masak Sayur dengan Salah

Halo Teman Sehat! Apakah kamu hobi masak? Buat kamu yang punya hobi ini, pastinya sayur sering ada dalam menu masakanmu. Penting buat tau cara memasak yang benar supaya zat gizi di dalam bahan makanan bisa dioptimalkan. Jangan sampai makanan yang Teman Sehat masak malah menjadi penyakit atau racun dalam tubuh.

Berikut adalah alasan mengapa kita ngga dianjurkan buat masak sayur secara salah. Ini nih akibatnya, check it out!

1. Zat gizi akan hilang

Memasak terlalu lama adalah salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan dalam memasak sayuran. Memasak sayur dengan waktu yang cukup lama ngga hanya membuat warna sayuran menjadi kurang menarik, tapi juga menghancurkan sebagian besar zat gizi yang terkandung di dalamnya. Selain itu, suhu yang terlalu tinggi bisa menurunkan kadar vitamin dan antioksidan loh! Sebaiknya, lakukan proses blanching, yaitu pendinginan agar vitamin ngga hilang terlalu banyak atau masak dengan cara dikukus aja.

2. Meningkatkan kalori

Mengonsumsi sayuran merupakan kebiasaan yang bisa membuat Teman Sehat lebih sehat karena kelompok  makanan  ini  rendah  lemak,  rendah  kalori  dan  kaya zat gizi. Sering kali kita memasak sayuran tersebut dengan cara menumis atau menggoreng. Menumis sayuran  boleh aja dilakukan karena dengan cara ini vitamin dan mineral lebih terjaga. Sayangnya, kita sering menumis dengan menambahkan  terlalu  banyak  mentega  atau  minyak  sehingga bisa meningkatkan  kandungan  kalori dengan cepat.

3. Menimbulkan racun

Menumis adalah salah satu cara yang baik buat menjaga kadar zat gizi dalam sayuran, tapi perhatikan jenis minyak yang dipakai. Seringkali kita mendengar  bahwa minyak nabati atau lemak tak jenuh baik untuk digunakan dalam makanan. Tapilemak tak jenuh dalam minyak tertentu seperti minyak canola dan minyak biji bunga matahari bisa teroksidasi dalam pemanasan tinggi dan berubah menjadi racun.

5. Risiko kanker

Kamu hobi melakukan barbecue party? Sering sekali membakar paprika dengan seafood atau ayam? Kesalahan yang sering terjadi ketika kita memanggang atau membakar sayur adalah membakar sampai  gosong sehingga muncul zat karsinogenik yang bisa meningkatkan risiko kanker. Untuk menghindari hal ini, jangan panggang sayuran hingga gosong. Jangan lupa” gunakan panggangan berbahan dasar stainless ya!

Kalau kamu ingin memasak tanpa menghilangkan zat gizi terlalu banyak,  kamu bisa memasak sayuran dengan kaldu atau air seperti olahan sup atau shabu-shabu. Mengkonsumsi sayuran mentah kemudian  menambahkan  sedikit  minyak  zaitun dan salad dressing di atasnya  bisa menjadi pilihan kamu dalam memasak sayuran daripada  harus  memasaknya secara  bersamaan. 

Nah, gimana Teman Sehat? Udah tau kan cara memasak sayur dengan benar? Tetap konsumsi makanan dengan pedoman gizi seimbang ya Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *