Hidup ‘Secukupnya’ Ala Frugal Living

Sahabat Sehat, budaya konsumerisme marak terjadi di Indonesia ditambah kemajuan teknologi yang membuat masyarakat semakin mudah membeli barang. Di sisi lain, terdapat gaya hidup frugal living dengan prinsip ‘secukupnya’ saat membeli barang, makanan, atau keinginan yang bukan priorotas. Prinsip ini tampaknya bisa mengurangi kebiasaan konsumerisme terebut. Yuk, simak serba serbi frugal living selengkapnya!

Apa pengertian frugal living?

Frugal living atau gaya hidup hemat memprioritaskan keuangan untuk dana darurat atau dana masa depan, seperti pensiun dini, dibandingkan hanya berbelanja untuk mengkuti tren saja.

Terminal Pembayaran Hitam
Sumber: Pexels.com

Kesadaran ini didasarkan pada konsep “life energy” di buku Your Money or Your Life. Konsep tersebut menjelaskan bahwa hidup dibatasi oleh waktu, sehingga semua barang yang kamu beli akan ditukar dengan “life energy” yang terbatas. Oleh karena itu, mengeluarkan uang atau berbelanja haruslah dilakukan sebijak mungkin dengan frugal living.

Berbeda dengan pelit yang cenderung membeli barang dengan harga murah, frugal living justru mengedepankan barang dengan kualitas baik sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Beberapa pesohor dunia telah menerapkan gaya hidup ini, sebut saja Mark Zuckerberg, Lady Gaga, atau Leonardo Dicaprio.

Hubungannya dengan kesehatan

Sebuah studi menunjukkan bahwa gaya hidup hemat akan meningkatkan kualitas perawatan kesehatan masyarakat. Tak hanya itu, berikut ini beberapa manfaatnya bagi kesehatan lainnya:

Mengurangi risiko stres

Saat ini banyak orang yang terjerat hutang dan harus membayar cicilan setiap periodenya. Dengan frugal living, risiko berhutang lebih rendah sehingga ngga harus stres memikirkan cicilan setiap kali gajian.

Lebih memilih makanan sehat

Daripada membeli makanan restoran atau kemasan, pengikut frugal living memilih memasak dari bahan pangan segar karena harganya yang lebih terjangkau sehingga sisa bisa berhemat dari uang belanja tersebut. Dengan begitu kebersihan dan kualitas makanan pun bisa dijamin kesehatannya.

Lebih banyak aktivitas fisik

Pengikut frugal living lebih memilih berjalan kaki atau bersepeda dibanding naik kendaraan jika tempat yang dituju ngga terlalu jauh. Hal tersebut berkaitan dengan pengeluaran transportasi seperti bensin, biaya parkir, perawatan mobil, juga akan dilakukan sendiri daripada meminta tolong orang lain dengan cara membayar jasanya.

Berikut cara-cara sederhana memulai frugal living:

Foto stok gratis akuntan, juru tulis, kas
Sumber: Pexels.com

Tentukan kebutuhan prioritas

Fase ini mungkin cukup berat jika dilakukan pertama kali. Kamu akan mengorbankan suatu barang atau fasilitas yang ngga terlalu penting namun telah terbiasa digunakan atau dikonsumsi

Gunakan hingga nilai barang habis

Jika kamu memiliki suatu barang gunakanlah hingga benar-benar rusak atau fungsinya hilang, bukan karena bosan atau ingin mengikuti tren saja ya, Sahabat Sehat.

Mulai dari sekarang

Tujuan keuangan kamu akan semakin cepat tercapai jika frugal living dimulai dari sekarang, loh.

Gaya hidup hemat ini nyatanya memberikan banyak keuntungan ngga hanya dari sisi keuangan, tapi juga kesehatan. Apalagi di masa pendemi Covid-19 seperti sekarang dimana kesehatan dan keuangan merupakan dua hal utama yang harus diperhatikan. Jangan lupa bagikan informasi ini ke orang-orang sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi
Samuel Ray. TEDxITS. Rediscovering Meaning of Life through Frugal Living.
https://www.youtube.com/watch?v=R3zr1gtkxIY&t=426s

Yasser Bhatti, Andrea Taylor, Matthew Harris, Hester Wadge, Erin Escobar, Matt Prime, Hannah Patel, Alexander W. Carter, Greg Parston, Ara W. Darzi, and Krishna Udayakumar. (2017). Global Lessons In Frugal Innovation To Improve Health Care Delivery In The United States. Health Affairs 2017 36:11, 1912-1919
https://www.healthaffairs.org/doi/10.1377/hlthaff.2017.0480

Saving to Invest. (2021). The Health Benefits of Living Frugally
https://savingtoinvest.com/health-benefits-of-living-frugally/
Diakses pada 25 Oktober 2021

My Stay at Home Adventure. Joyce Zahariadis. 3 Step Guide to Frugal Living
https://www.mystayathomeadventures.com/3-step-guide-frugal-living/
Diakses pada 25 Oktober 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.