Benarkah Stress bisa Mempengaruhi Imunitas?

Hai, Sahabat Sehat. Belakangan ini imunitas menjadi topik yang banyak dibicarakan. Peran imunitas tubuh memang sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah tubuh untuk terserang berbagai macam penyakit. Imunitas juga sering dikaitkan dengan stress. Tingkat stress terus bertambah seiring dengan adanya pembatasan kegiatan yang mengharuskan kamu menghabiskan waktu terkurung di rumah. Lalu benarkah stress bisa mempengaruhi imunitas? Langsung aja, Check it out!

apakah stress berpengaruh terhadap imunitas
Foto: Unsplash.com

Apa itu stress?

Stress merupakan suatu kondisi saat individu ngga bisa menghadapi ancaman baik secara fisik, mental, spiritual dan emosional yang dimana nantinya dapat mempengaruhi kesehatan individu tersebut. Stress bukan merupakan suatu hal yang bisa dihindari dan semua orang tentu pernah mengalaminya. Apalagi pada kondisi seperti saat ini, tentu banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya stress, seperti pembatasan kegiatan, ngga mampu bersosialisasi secara bebas, banyaknya berita buruk yang ada disosial media dan apalagi jika kamu sedang dalam kondisi sakit.

Hubungan Stress dan Imunitas

Imunitas menjadi aspek penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan stress merupakan salah satu faktor yang mempengaruhinya. Sebuah studi yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa ada hubungan antara stress psikososial dengan gangguan imunitas seperti adaya gangguan pada respon imun, kurangnya efektivitas antibodi melawan influenza, dan penyembuhan luka yang lama. Lalu bagiaman kondisi saat ini? Ditengah pandemi saat ini, gangguan kesehatan mental yang paling sering terjadi yaitu kecemasan dan depresi karena banyaknya ketidakpastian informasi di berbagai media.

tips mengatasi stress
Foto: Unsplash.com

Pengendalian Stress

Banyak sekali informasi terkait teknik pengendalian atau manajemen stress yang dapat dilakukan antara lain kamu mungkin bisa menerapkan langkah-lakah ini. Pertama, cobalah untuk melakukan latihan nafas dalam, yaitu kamu bisa melakukannya dalam posisi duduk atau tiduran dengan cara menutup mata dan tarik nafas melalui hidung (ditahan 3-5 detik) lalu dihembuskan lewat mulut ulangi sebaganyak 4-5 kali. Selanjutnya, latihan relaksasi otot progresif yaitu mengencangkan dan mengendurkan otot saat nafas.

Latihan fokus lima jari dimana kamu mengfokuskan pandangan dan fikiran pada lima jari, tarik nafas dalam, rileks dan kosongkan fikiran. kamu juga bisa mencoba mengelola emosi dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. hentikan pikiran sejenak dengan mengatakan stop saat timbul pikiran yang mengganggu. Affirmasi yaitu mengucapkan kata-kata dan pikiran positif pada diri sendiri. Memodifikasi lingkungan dengan cara membuat tempat tinggal serapi, bersih, tennag dan senyaman mungkin juga bisa kamu coba. Terakhir, cobalah untuk membangun spiritual positif yaitu dengan cara menjalankan ibadah dan selalu mendekatkan diri dengan Tuhan.

Sahabat Sehat, saat ini tentu pengendalian stress perlu kamu terapkan supaya imunitas kamu selalu terjaga. Kurangi membaca atau mendengarkan informasi berlebihan yang membuat kamu merasa kurang nyaman. Stress memang hal yang wajar, tapi ingat bahwa kamu bisa memengang kendali di atasnya. Sehat selalu, Sahabat Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.