Obati Sariawan dengan Madu, Apakah Bisa?

Halo, Sahabat Sehat! Kamu pasti udah ngga asing dengan penyakit sariawan, kan? Yap, sariawan merupakan keluhan pada mulut yang sudah umum dialami oleh semua orang. Sariawan biasanya terjadi pada bagian bibir, lidah, maupun gusi. Walaupun bisa sembuh dengan sendirinya, sariawan ini cukup mengganggu bila dibiarkan begitu saja.

Nah, ternyata, ada bahan alami yang dapat membantu mengobati sariawan, loh! Bahan tersebut adalah madu. Kira-kira, kenapa ya, madu bisa membantu proses penyembuahan sariawan? Biar ngga penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah!

menggunkana madu unutk menyembuhkan sariawan
Foto: Unplash.com

Apa penyebab sariawan?

Sariawan merupakan keluhan pada mulut yang dapat menyebabkan nyeri. Akibatnya, banyak yang merasa terganggu apabila terdapat sariawan pada daerah mulut. Sedangkan pada dunia kedokteran, penyakit ini dikenal sebagai stomatitis. Penyakit ini dapat disebabkan oleh adanya bakteri atau jamur pada mulut, kurang vitamin, alergi makanan, asam lambung, stres, dan tergigit sehingga menyebabkan luka.

Sariawan bisa sembuh dengan sendirinya maupun menggunakan pengobatan tertentu untuk mempercepat penyembuhannya. Pengobatan yang biasa dilakukan antara lain menggunakan obat oles sariawan, obat kumur, dan mengonsumsi vitamin khusunya vitamin C. Ngga jarang pula orang yang menyembuhkan sariawan dengan bahan alami seperti menggunakan daun sirih, tanaman gambir, cabai, dan air garam.

Namun, jarang diketahui bahwa sariawan juga dapat disembuhkan dengan madu. Jadi, simak penjelasannya sampai habis, ya! Check it out!

Mengenal madu

Madu merupakan bahan alami yang dihasilkan oleh lebah madu. Secara alami, madu murni memiliki berbagai kandungan gizi bermanfaat seperti karbohidrat, protein, asam amino, vitamin, dan mineral. Kandungan vitamin pada madu menyebabkan madu juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menjaga daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas. Ternyata, selain kandungan gizi yang beragam, madu juga berpotensi digunakan sebagai obat penyakit sariawan, loh!

madu unutk menyembuhkan sariawan
Foto: Unsplash.com

Madu untuk menyembuhkan sariawan

Menurut Jurnal Keperawatan Anak, madu dapat berperan sebagai antibakteri dan antimikroba. Peran madu sebagai antimikroba meliputi dua mekanisme, yaitu secara langsung dan ngga langsung.

Peran madu sebagai antimikroba secara langsung, yakni karena madu mengandung hidrogen peroksida yang dihasilkan oleh enzim glukosa oksidase. Kandungan hidrogen peroksida ini juga efektif membunuh berbagai mikroba seperti Staphylococcus aureus, Micrococcus luteus, Streptococcus aureus, bakteri gram positif, dan negatif. Sedangkan mekanisme ngga langsung madu sebagai antimikroba disebabkan oleh kandungan pH yang asam, efek osmotik gula pada madu yang mematikan mikroba, kandungan antioksidan, kandungan enzim, serta kandungan mikroba baik yang menghambat pertumbuhan mikroba jahat.

Nah, sifat antimikroba pada madu ini bisa membantu mengurangi peradangan yang diakibatkan mikroba saat sedang sariawan. Kandungan vitamin C pada madu juga bisa membantu meningkatkan sistem imun, sehingga proses penyembuhan sariawan bisa lebih cepat.

Sahabat Sehat, apabila kamu tertarik mencoba madu sebagai obat sariawan, kamu dapat mengoleskan madu secukupnya pada bagian mulut yang mengalami sariawan. Lakukan bertahap hingga sariawan berangsur sembuh. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan asupan gizi setiap harinya, ya! Sebarkan informasi ini, yuk!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi
Yuliana, S., & Salas, N. Carang Gesang Untuk Mengatasi Sariawan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa1(1).
https://media.neliti.com/media/publications/97625-ID-carang-gesang-untuk-mengatasi-sariawan.pdf

Mariyam, M., & Alfiyanti, D. (2014). Penggunaan Madu Dalam Oral Hygiene Sebagai Inhibitor Koloni Bakteri Pada Anak Yang Dirawat Di Picu. Jurnal Keperawatan Anak2(2), 78-83.
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKA/article/view/3972/3704

Mutiara Sandy, P., & Burhanisa Irawan, F. (2019). Perkembangan Obat Sariawan dan Terapi Alternatifnya. Majalah Farmasetika, 3(5), 98-101. doi:http://dx.doi.org/10.24198/farmasetika.v3i5.21633

Marianti, A. (2012). Efek Madu Randu dan Kelengkeng dalam Menurunkan Kolesterol pada Tikus Putih Hiperkolesterolemik. Life Science1(1).
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/UnnesJLifeSci/article/view/893/918

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.