Inilah 3 Tanda Sarapan Sehat yang Wajib Kamu Perhatikan

sarapan sehat

Halo Teman Sehat! Kamu udah tau kan pentingnya sarapan? Nah, tapi kamu masih bingung ngga, gimana sih sarapan yang baik? Apakah sarapan teh manis atau kopi aja udah cukup? Gimana sih sarapan sehat itu?

Nah, coba simak 3 hal ini deh, Teman Sehat!

1. Bisa memenuhi 15-25% Angka Kecukupan Gizi (AKG)

egg-1536990_640

Yap, sarapan yang baik pasti mengandung zat gizi  kan? Tapi, jumlah zat gizi yang baik adalah 15-25% dari AKG. Rata-rata AKG energi orang Indonesia adalah 2.200 Kal, artinya sarapanmu sebaiknya mengandung 330-660 Kal energi.

2. Mengandung serat yang cukup

diet-untuk-anak-obesitas

Serat punya peran penting buat  mencegah penyakit jantung, diabetes, kenaikan berat badan yang ngga diinginkan, dan beberapa jenis kanker. Satu hal yang ngga boleh ketinggalan dari fungsi serat adalah meningkatkan kesehatan saluran cerna.

Banyak orang yang ngga bisa mengonsumsi serat dalam jumlah cukup. World Health Organization menganjurkan setiap orang yang udah berusia diatas 18 tahun buat mengonsumsi 30 gram serat setiap harinya. Serat itu cuma berasal dari tumbuhan, Teman Sehat. Terdapat 2 jenis serat:

  • Serat larut air, artinya serat akan larut dalam air pada saluran cerna kamu. Serat jenis ini berperan penting dalam menurunkan jumlah kolesterol dalam darah. Selain itu, serat ini juga pas banget buat kamu yang suka susah BAB karena bisa melunakkan feses, sehingga lebih mudah buat dikeluarkan. Sumber utama serat laur air: sayur (misalnya pisang dan apel), sayur-sayuran akar (seperti wortel dan kentang), dan oats alias gandum.
  • Serat ngga larut air yang akan mempermudah makanan lain buat melewati saluran cerna. Serat jenis ini akan membantu saluran cerna kamu tetap sehat dan mencegah masalah saluran cerna. Sumber serat ngga larut air: kacang dan biji-bijian, roti wholemeal, dan sereal.

3. Ngga tinggi lemak dan lemak trans

16330252  53616c7465645f5f638cdcf437b14c358d6d2fc97015c999fecaf

Taukah kamu? Tubuh butuh energi loh buat mengubah makanan yang kamu makan supaya jadi energi. Iya, buat menghasilkan energi, tubuh juga butuh energi. Nah, kalau makanan kamu tinggi lemak, energi yang dibutuhkan tubuh buat mengubah lemak jadi energi itu lebih tinggi dibandingkan karbohidrat, Teman Sehat. Akibatnya, kalau kamu makan makanan tinggi lemak saat sarapan, misalnya gorengan bertepung, gajih, santan, atau sumber lemak lain, kamu malah jadi ngantuk, bukannya seger. Ngga mau kan?

Lemak trans itu berbahaya banget loh buat kesehatan kamu. Kamu dianjurkan buat membatasi banget makanan sumber lemak trans. Makanya, sebisa mungkin sarapanmu jangan mengandung lemak trans ya!

Contoh sarapan yang lengkap terdiri atas: sumber karbohidrat (nasi/singkong/ubi/roti/sereal), yang dilengkapi dengan sumber protein hewani dan nabati, serta sayur dan buah. Jangan ketinggalan juga dengan minumannya Teman Sehat. Boleh susu, teh manis, atau air putih juga oke.

Nah, selain memperhatikan 3 hal itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah waktu sarapan. Waktu sarapan yang baik adalah ketika kamu bangun tidur sampai pukul 9 pagi ya, Teman Sehat!

Gimana, kamu udah siap buat sarapan sehat setiap hari? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *