Diet Mudah dan Murah dengan Nutrient Dense Food!

Mengikuti panduan satu jenis diet mungkin membuat kamu harus merogoh kantong yang cukup banyak. Akan tetapi, Pernahkah kamu mendengar istilah nutrient dense food? Sebenarnya, dengan kamu memahami konsep tersebut, kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk menurunkan berat badan. Sebab dengan memahami konsep ini, kamu akan menjadi lebih bijak dalam memilih makanan sehat.

makanan padat gizi atau nutrient dense food
Foto: Freepik.com

Apa Itu Nutrient Dense Food?

Pada umumnya semua makanan terdapat kandungan gizi. Akan tetapi, tidak semua makanan efektif dan efisien untuk tubuh kamu. Terdapat jenis makanan tertentu yang lebih baik dan lebih bergizi. Tentunya makanan ini adalah sumber energi yang lebih baik pula.

Nutrient dense food (NDF) merupakan istilah yang menunjukkan bahwa makanan tersebut mengandung gizi yang padat, tetapi rendah kalori. Dalam kata lain, kebutuhan kamu terpenuhi tanpa khawatir kalori yang tinggi. NDF mengandung vitamin, mineral, karbohidrat kompleks, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. Contoh makanan NDF antara lain buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, produk susu rendah lemak atau bebas lemak, makanan laut, daging tanpa lemak, telur, kacang polong, buncis, dan kacang-kacangan.

camilan sehat
Foto: Freepik.com

Memilih Cemilan Padat Gizi

Sebagian dari kamu mungkin merasa sudah mengurangi porsi makan utama, tetapi kadang berat badan masih stuck. Hal ini bisa jadi karena sebagian besar asupan bukanlah pada makanan utama, tetapi pada cemilan kamu. Oleh karena itu, penting sekali memperhatikan jenis cemilan. Jika ingin menerapkan NDF, kamu perlu kurangi konsumsi makanan ringan seperti keripik, kue kering, biskuit, serta minuman kemasan yang minim kandungan gizi tetapi kalorinya tinggi.

Alternatifnya, saat ngemil pilihlah NDF seperti produk susu bebas lemak atau rendah lemak serta beragam buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan. Saat mengonsumsi salad sayur, ganti mayonaise dengan saus yang lebih padat gizi seperti sambal kacang dengan kandungan gula dan garam yang rendah.

Lalu untuk memuaskan rasa manis, konsumsi buah-buahan manis alami atau dibuat dalam bentuk smoothie, bukan permen dan kue kering. Ganti minuman manis dengan infused water, atau kamu bisa membuat minuman bubuk cokelat murni dengan tambahan buah kurma dan sejenisnya.

Sahabat sehat, tahukah kamu bahwa dengan menerapkan NDF, kamu akan jauh lebih hemat. Hal ini karena kamu akan kenyang lebih lama dengan kandungan gizinya yang padat dan tinggi serat. Lalu keinginan kamu untuk jajan juga menjadi berkurang, sehingga selain lebih hemat, kamu juga lebih sehat.

Referensi

National Cancer Institute. NCI Dictionary of Cancer Terms: Nutrient-dense food. https://www.cancer.gov/publications/dictionaries/cancer-terms/def/nutrient-dense-food. Diakses pada 1 Juli 2024.

DFD Russels Medical Center. 2023. Calorie-Dense vs. Nutrient-Dense Foodshttps://dfdrussell.org/nutrient-dense-foods/. Diakses pada 1 Juli 2024.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.