Kenali Penyebab Bau Mulut dan Atasi Segera!

Halo Teman Sehat! Apakah kamu punya masalah dengan bau mulut yang kurang sedap? Selain membuat orang di sekitar kamu bakalan ngga nyaman, bau mulut bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Tapi, sayangnya banyak orang yang kurang aware dengan masalah yang satu ini sehingga bau mulut pun seolah menjadi rahasia umum.

Halitosis alias bau mulut bisa muncul akibat konsumsi makanan jenis tertentu, masalah kesehatan, atau kebiasaan yang buruk.

Nah, kebiasaan berikut tanpa disadari menjadi asal mula penyebab bau mulut. Yuk, cari tahu!

1. Konsumsi makanan berikut ini

Makanan yang mengandung banyak rempah-rempah, bawang putih, dan bawang merah, dapat menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Untuk itu, Teman Sehat perlu memperhatikan seberapa banyak bahan makanan tersebut masuk ke dalam tubuh. Kalau udah terlanjur? Kamu bisa mengatasinya dengan mengunyah permen karet.

2. Mulut kering

Saliva berperan penting dalam membersihkan partikel-partikel yang ada di dalam mulut sehingga nafas tetap segar. Xerostomia, suatu keadaan saat mulut kering, merupakan salah satu biang bau mulut. Jika hal ini terjadi karena dehidrasi, makan segeralah minum air putih yang banyak agar mulut terasa segar kembali. Tapi, hal ini juga bisa terjadi karena gangguan produksi saliva, sehingga Teman Sehat perlu mengonsultasikannya dengan dokter.

3. Jauhi kebiasaan-kebiasaan buruk berikut!

Disadari atau tidak, Teman Sehat pasti pernah melakukan kebiasaan-kebiaasan yang menyebabkan masalah bagi mulut. Mulai dari merokok, malas sikat gigi, jarang membersihkan karang gigi, minum minuman beralkohol, hingga skip makan besar adalah sederetan kebiasan yang perlu diubah.

4. Lidah yang kotor

Mungkin banyak diantara kita yang masih belum aware dengan kebersihan lidah. Teman Sehat pasti rajin sikat gigi, tapi bagaimana dengan menyikat lidah? American Dental Association (ADA) merekomendasikan untuk menyikat gigi dua kali sehari, disertai dengan menyikat lidah secara ringan. Plak atau sisi makanan yang menumpuk pada lidah itulah yang kerap menjadi biang bau mulut.

5. Konsumsi obat-obatan tertentu

Bagi orang-orang dengan masalah kesehatan yang mengharuskannya minum obat secara teratur, efek samping yang sering dialami adalah berupa bau mulut. Nah, ngga ada salahnya untuk selalu sedia permen ke manapun pergi!

Selain lima hal di atas, masih banyak lagi yang menjadi penyebab munculnya bau tidak sedap dari mulut. Oleh karena itu, Teman Sehat harus lebih perhatian terhadap kebiasaan apa yang dilakukan, makanan apa yang dikonsumsi, serta masalah kesehatan yang dialami tubuh. Pasti kamu ngga ingin percaya dirimu turun hanya gara-gara bau mulut bukan?

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.