Upgrade Diri dengan Stress Positif, Eustress

Tahukah kamu jika tidak semua rasa tertekan atau stress itu buruk? Eustress adalah kondisi stress yang memiliki dampak positif. Perasaan ini muncul di beberapa kesempatan, seperti saat mengunjungi tempat baru, bertemu orang baru, memulai pekerjaan baru, mengikuti kompetisi, atau bahkan saat menonton film terbaru.

Meski disebut sebagai “stres”, eustress ini berjangka pendek dan akan membawamu ke arah positif karena membuat lebih bersemangat menjalani hidup. Biasanya juga dibarengi dengan perasaan senang dan termotivasi. Meskipun harus melakukan hal baru atau sulit, kamu akan merasa tertantang untuk melewatinya.

mengenal eustres
Foto: Pexels.com

Manfaat Eustress

Seseorang yang mengalami eustress memang akan merasa cemas, tapi disamping itu juga dibarengi dengan semangat dan keyakinan bahwa akan ada kebahagiaan yang menantinya. Oleh karena itu, ia akan berusaha sebisa mungkin menghadapinya. Kondisi tersebut justru bermanfaat untuk membuat kehidupan lebih baik. Dilansir dari laman Hello Sehat, The American Institute of Stress mengungkapkan bahwa ada beberapa manfaat eustress untuk kehidupan, berikut di antarnya.

Meningkatkan Resiliensi

Resiliensi atau daya juang setiap orang tentu berbeda-beda. Eustress yang dirasakan seseorang ternyata dapat meningkatkan resiliensi, yaitu berupa kemampuan menyesuaikan diri saat berada di bawah tekanan. Dengan resiliensi tinggi, Sahabat Sehat mampu melewati beragam tantangan dan kesulitan dengan cara lebih baik, sekaligus menekan munculnya emosi negatif.

Belajar dari Kegagalan

Dengan eustress, kamu lebih termotivasi mengerjakan lebih banyak hal. Meskipun demikian, stress positif tidak selamanya berarti dapat menyukseskan seluruh rencanamu. Tetap ada kemungkinan gagal karena keterbasan kemampuan, waktu, hingga biaya. Jadikan kegagalan sebagai evaluasi dan refleksi diri untuk berupaya lebih baik di kemudian hari.

Cara Optimalkan Eustress dalam Kehidupan

Berbagai manfaat eustress yang sudah dijelaskan sebelumnya, tentu merupakan hal positif yang dapat kamu raih. Caranya adalah dengan mengoptimalkan eustress dalam kehidupan. Stress positif yang mampu memotivasi ini dapat diperoleh secara optimal melalui beberapa langkah berikut.

mengatasi stres positif
Foto: Pexels.com

Belajar Membuat Tujuan

Sahabat Sehat perlu menentukan tujuan, baik dalam kehidupan pribadi, maupun lingkup profesional. Semua ini bermanfaat untuk menata kehidupan menjadi lebih baik dan terarah. Tetapkan tujuan jangka pendek hingga panjang dan pastikan tujuan tersebut realistis. Kamu bisa memantau perkembangan dalam mencapai hal tersebut.

Mempelajari Hal Baru

Salah satu pemicu eustress adalah hal baru. Mencari pengalaman baru merupakan kegiatan positif yang dapat menambah pengetahuan. Jika sering diterapkan, maka eustress selalu hadir dalam kehidupanmu dan mendorong melakukan perubahan positif.

Keluar dari Zona Nyaman

Berikan gebrakan baru untuk diri sendiri dengan cara menargetkan pencapaian akan sesuatu. Melalui cara ini, Sahabat Sehat akan terbiasa beradaptasi, melatih keteguhan, menanamkan sikap tidak mudah puas, sehingga terus mau belajar menjadi lebih baik. Lama kelamaan, kamu tersadar bahwa banyak hal di luar sana yang menarik dan belum diketahui.

Saat Sahabat Sehat mengalami eustress, tetaplah tenang dan lakukan hal yang bisa dilakukan. Kelola rasa motivasi tersebut agar tersalurkan dengan baik. Kondisi eustress ini mampu membuatmu melompat lebih tinggi dengan dorongan kuat dari dalam diri. Meskipun demikian, hindari untuk terlalu memaksakan diri dengan ekspektasi tinggi dan di luar kendali. Tetaplah batasi diri sesuai kemampuan, karena eustress yang berlebihan bisa berubah menjadi stres negatif atau distress.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Djie, Anita. 2019. Eustress: Stres Positif yang Bisa Membuat Hidup Anda Lebih Baik. https://www.sehatq.com/artikel/stres-positif-yang-membuat-hidup-lebih-baik. Diakses pada 19 Mei 2023.

Halodoc.com. 2022. Mengenal Eustress yang Kerap Diabaikan. https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-eustres-yang-kerap-diabaikan. Diakses pada 19 Mei 2023.

Na’imah Shylma. 2021. Cara Mendeteksi Stres Baik dan Mengoptimalkannya. https://hellosehat.com/mental/stres/apa-itu-eustress/. Diakses pada 19 Mei 2023.

Pawestri, Hillary Sekar. 2023. Beda Eustress dan Distress serta Cara Menghadapinya. https://hellosehat.com/mental/stres/eustress-dan-distress/. Diakses pada 19 Mei 2023.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.