Ketahui Teknik Penyeduhan Kopi Tubruk Khas Indonesia

Teman Sehat, kopi menjadi minuman favorit di berbagai negara, termasuk Indonesia. Berbagai jenis biji kopi hampir tersedia di setiap daerah di Indonesia dengan nama khasnya masing-masing. Kamu pasti sudah ngga asing dengan teknik penyeduhan kopi yang sangat merakyat, tak lain tak bukan yaitu teknik penyeduhan kopi tubruk. Berikut ini merupakan fakta-fakta mengenai kopi tubruk yang jarang diketahui. Check this out!

Kopi di berbagai negara

Menurut Jurnal Barometer, kopi merupakan tanaman yang penting di industri perkebunan sebab mampu menjamin kehidupan perekonomian di negara tropis. Kopi menjadi produk terbesar kedua setelah minyak bumi di perdagangan internasional. Faktanya, Indonesia merupakan produsen kopi terbesar keempat di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia.

coffee pitcher on table near window

Setiap negara memiliki teknik penyeduhan yang berbeda-beda. Adapun teknik menyeduh kopi yang terkenal antara lain metode Turki, dripsFrench press, espresso, aeropress, cold brew drip, dan masih banyak lagi. Sementara di Indonesia, teknik penyeduhan kopi tubruk adalah teknik penyajian kopi yang umum diketahui masyarakat.

Teknik penyeduhan kopi tubruk

Kopi tubruk merupakan teknik menyeduh kopi yang sangat mudah ditemukan di warung maupun tempat makan lainnya. Cara menyeduh kopi menggunakan metode tubruk sangat sederhana, yaitu dengan menuangkan air panas ke dalam bubuk kopi sehingga terjadi proses ekstraksi kimia dalam kopi. Sebelum dikonsumsi, kopi tubruk yang sudah diseduh harus ditunggu beberapa saat hingga ampas mengendap seluruhnya.

cup of coffee on white ceramic saucer

Senyawa kafein kopi akan larut alami saat diseduh. Air panas merupakan faktor utama yang mempengaruhi proses ekstraksi kopi. Namun, jika suhu penyeduhan yang digunakan terlalu tinggi, maka hasil seduhan kopi cenderung pahit dan kurang disukai.

Faktor yang mempengaruhi cita rasa kopi tubruk

Selain suhu penyeduhan, berikut ini merupakan hal-hal lain yang mempengaruhi kualitas dan kenikmatan kopi tubruk.

  • Jenis biji kopi

Teman Sehat, walaupun metode penyeduhan yang digunakan sama, namun cita rasa yang dihasilkan bisa jadi berbeda apabila menggunakan biji kopi yang berbeda pula. Faktanya, setiap biji kopi memiliki ciri khasnya masing-masing. Contohnya biji kopi arabika memiliki rasa khas yang asam dan sedikit pahit bila dibandingkan dengan biji kopi robusta yang jauh lebih pahit. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan kesegaran dan kualitas biji kopi yang digunakan, ya.

  • Waktu penyeduhan kopi (brewing time)

Walaupun terkesan sederhana, ternyata waktu penyeduhan kopi juga berpengaruh terhadap cita rasa. Pasalnya, lama waktu dan tinggi suhu yang digunakan menyebabkan bubuk kopi dan air yang digunakan semakin terlarut. Hal ini membuat semakin banyak komponen kopi yang terekstrak dengan maksimal.

  • Tingkat kehalusan bubuk kopi

Pada penyeduhan kopi tubruk, kopi yang digunakan yakni dalam bentuk bubuk. Tingkat kehalusan bubuk mempengaruhi hasil seduhan. Semakin halus bubuk kopi, maka rasa kopi juga akan terekstrak dengan baik. Akibatnya, senyawa pembentuk aroma dan cita rasa mudah larut dalam air panas.

Wah, ternyata banyak sekali faktor yang bisa meningkatkan cita rasa kopi tubruk. Meskipun proses penyeduhannya terlihat sederhana, ternyata kenikmatannya tak kalah dengan teknik penyeduhan di negara-negara lain. Jangan lupa bagikan informasi menarik ini ke orang-orang sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *