Kurang Produktif ? Coba Teknik Pomodoro Aja!

Teman Sehat, kamu pernah ngga ngerasain tugas yang banyak banget dan ngga kunjung selesai? Padahal kamu udah berusaha kerja keras untuk menyelesaikannya, atau pernah ngerasain lagi fokus-fokusnya menyelesaikan tugas, tapi tiba-tiba kamu malah asik main sosial media?

Biasanya, remaja sering banget mengalami hal ini karena tugas sekolah yang menumpuk. Mulai pagi sampai sore belajar di kelas, ditambah lagi dengan mengikuti bimbingan belajar diluar sekolah sampai tuntutan lain seperti ekstrakurikuler. Nah, buat kamu yang ngerasa semakin banyak kerjaan tapi ngga bisa memenejemen waktunya atau ngga bisa kerja efisien, yuk coba aja teknik ini!

Apa itu teknik pomodoro?

Kata Pomodoro dalam bahasa Italia sebenarnya memiliki arti tomat. Teknik Pomodoro merupakan teknik berdasarkan pengaturan waktu saat bekerja, sehingga kamu bisa bekerja dengan fokus secara maksimal dengan jangka waktu yang ditentukan. Fokus maksimal bikin kamu mengerjakan tugas menjadi efisien. Biar jadi kebiasaan, harus konsisten ya.

Prinsip kerjanya

Intinya pada teknik ini, kamu dituntut untuk melakukan suatu tugas dalam 25 menit tiap sesinya. Biasanya kalau baru mencoba teknik ini, kamu membutuhkan beberapa sesi untuk menyelesaikan suatu tugas. Tapi kalau sudah mulai terbiasa dengan teknik Pomodoro, kamu bisa menyelesaikan 1 tugas dengan hanya 1 sesi aja kok.

Gimana caranya? Yuk, simak!

  1. Pilih tugas yang mau diselesaikan dan atur timer sesuai ketentuan teknik Pomodoro (1 tugas kasih waktu 25 menit/sesi),
  2. Mulai kerjakan tugas dengan fokus. Jangan sibuk dengan handphone maupun media sosial. Coba tantang dirimu untuk menonaktifkan atau silent handphone agar kamu bisa fokus.
  3. Jika bunyi timer terdengar, maka sesi pertamamu sudah selesai
  4. Istirahatkan tubuh dan otakmu kira-kira 3-5 menit. Tapi ingat ya, jangan buka Hp atau bermain media sosial. Diwaktu yang singkat ini, kamu bisa minum air putih agar otak tetap fokus, atau kamu bisa mencoba berjalan-jalan sebentar untuk merenggangkan otot. Lalu, jika kerjaanmu belum selesai lanjutkan lagi ke sesi kedua
  5. Jika kamu udah masuk sesi ke-4, kamu bisa ambil jeda istirahat 15-30 menit.

Manfaat Teknik Pomodor

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu menerapkan teknik Pomodoro ini loh!

  • Melatih fokus dari hal yang ngga penting,
  • Terbisa dengan perencanaan dan kerja di bawah tekanan waktu,
  • Bisa mencapai targetmu dengan lebih cepat dan teratur,
  • Melatih berpikir dan memproses informasi secara cepat,
  • Meningkatkan motivasi,
  • Kamu bisa lebih menghargai waktu untuk melakukan suatu hal

Teman Sehat, kalau kamu baru memulai teknik ini untuk pertama kalinya, jangan khawatir jika kamu sampai ke sesi 7 bahkan sesi 10 pada hari pertama. Yang terpenting adalah komitmen dan rutin dilakukan. Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *