Letakkan Tanaman Ini dalam Ruangan dan Rasakan Manfaatnya!

Hai, Teman Sehat, kamu termasuk orang yang suka menanam tanaman ngga? Ternyata ada beberapa tanaman yang memilki banyak manfaat kalau diletakkan dalam rumah atau ruangan, loh! Sudah pernah dengar belum tanaman bisa meredam kebisingan atau tanaman yang baik untuk kesehatan pernafasan?

tanaman dalam ruangan
Foto: Unsplash.com

Memang ngga semua tanaman bisa kamu masukkan dalam rumah, tapi beberapa penelitian menunjukkan tanaman ini bisa kamu jadikan pilihan untuk hiasan dalam ruangan dan diambil manfaatnya, dari pada penasaran langsung aja. Check it out!

Tanaman philodendron dan polusi

Teman Sehat yang tinggal di tengah kota, tentu sudah ngga asing dengan paparan polusi udara. Kandungan CO yang dihasilkan dari asap kendaraan terutama 65,1% dari kendaraan motor berbahan bensin, terbukti memiliki pengaruh yang buruk terhadap kesehatan pernafasan.

Tingkat pencemaran udara yang melampaui standar tentu membutuhkan solusi,  salah satunya dengan meletakkan tanaman philodendron dalam rumah atau ruangan. Tanaman ini bisa mengurangi jumlah CO sampai 92,2% dalam ruangan kamu.

Tanaman Zodia (Evodiaa suaveolens) pengusir nyamuk

Zodia merupakan tanaman khas Indonesia yang berasal dari Irian, tanaman ini sudah sangat dikenal masyarakat Irian untuk menghalau serangga. Masyarakat sekitar juga mengoleskan tanaman ini ke kulit saat akan pergi ke hutan untuk menghindari gigitan nyamuk.

Tanaman Zodia yang diletakkan dalam ruangan akan memberikan aroma yang ngga disukai nyamuk, karena mengandung linalool (46%) dan a-pinene (13,26%) di mana linalool sudah sangat dikenal sebagai pengusir (repellent) nyamuk.

Sirih gading (Epipremnum aureum) dan kualiats udara

tanaman sirih gading untuk memperbaiki kualitas udara
Foto: Unsplash.com

Kualitas udara dalam ruangan atau indoor air quality merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan. Kualiatas udara dalam ruangan akan mempengaruhi kesehatan, sebagian besar orang menghabiskan hampir 90% waktunya di dalam ruangan.

Sirih gading selain memiliki penampilan yang indah ternyata memiliki kemampuan sebagai antipolutan yang efektif mengurangi pencemaran udara khususnya senyawa racun benzene yang dihasilkan dari asap rokok. Penelitian juga menunjukkan sirih gading mampu menyerap debu, namun penurunannya masih belum signifikan.

Lidah mertua (Sansevieria trifasciata) meredam kebisingan

Kamu mungkin sudah ngga asing dengan tanaman lidah mertua, banyak sekali yang menggunakannya sebagai tanaman hias tanpa tahu bahwa tanaman ini memiliki manfaat baik saat diletakkan dalam ruangan. Tanaman ini memiliki kemampuan sebagai antipolutan, yaitu bisa menyerap racun yang ada diruangan. Selain itu penelitian juga menjukkan dengan meletakkan tanaman lidah mertua di suatu ruangan sepertin kantor ternyata bisa meredam kebisingan sehingga dapat meningkatkan konsentrasi karyawan saat bekerja.

manfaat meletakkan tanaman dalam ruangan
Foto: Unsplash.com

Sebenarnya masih banyak tanaman indoor lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk memperindah memberi efek baik untuk kesehatan, tapi kamu bisa memulai dengan melirik beberapa tanaman diatas untuk kamu letakkan dirumah atau dikantor. Semoga informasi ini bermanfaat,  Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Nanny Kusminingrum. 2008. Potensi Tanaman dalam Menyerap CO2 dan CO untuk Mengurangi Dampak Pemanasan Global.
http://jurnalpermukiman.pu.go.id/index.php/JP/article/view/198/171

Agus Kardinan. Zodia (Evodiaa suaveolens) Tanaman Pengusir Nyamuk
http://www.litbang.pertanian.go.id/artikel/77/pdf/Zodia%20(Evodiaa%20suaveolens):%20Tanaman%20Pengusir%20Nyamuk.pdf

Bovi R. A. dan Naniek Ratni. Tingkat kemampuan Penyerapan Tanaman Hias dalam Menurunkan Polutan Karbondioksida Monoksida.
http://eprints.upnjatim.ac.id/4248/1/(7)jurnal_Nanik.pdf

Pengaruh Tanaman Sirih Gading (Epipremnum aureum) terhadap Polutan Udara
dalam Ruangan
http://teknik.usni.ac.id/jurnal/YUNIAR.pdf

Mediastika, C. E., B. Foriberta dan Y. I. Murwani. 2011. Persepsi dan Fakta terhadap Penggunaan Tanaman untuk Mereduksi Kebisingan pada Ruang Kantor Berbentuk Open Plan (Tahun II)
http://repository.petra.ac.id/16690/

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.