Manfaatkan Sisa Sayuranmu dengan Cara ini Yuk!

Halo Teman Sehat! Apa menu sayurmu hari ini? Sayur merupakan kebutuhan pokok yang harus dikonsumsi 3-4 porsi sehari sesuai pedoman gizi seimbang. Sayur mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat yang berperan untuk menjaga fungsi normal tubuh. Tapi, kamu pernah ngga perhatikan ternyata sampah sisa sayuranmu lumayan banyak? Eits, jangan buru-buru dibuang ya! Sisa sayuran ternyata bisa banget dimanfaatkan.

Fakta yang perlu kamu tahu

Kenapa sih sisa makanan termasuk sayuran perlu diolah? Teman Sehat, Indonesia merupakan kontributor sampah makanan kedua terbesar setelah Saudi Arabia. Sampah makanan punya potensi untuk menghasilkan gas metana (CH4) yang jika dilepaskan ke udara bisa menyebabkan penipisan lapisan ozon. Ngga hanya itu, gas metana juga bisa menghasilkan ledakan jika tertumpuk dalam jumlah banyak seperto di Tempat Pembuangan Sampah (TPA). Nah, mengurangi sampah makanan termasuk sayuran bisa menjadi langkah awal untuk menyelamatkan lingkungan dari kerusakan.

Regrow sayuranmu

Regrow atau menanam kembali sisa sayuran memberikan nilai ekonomis dan membawa dampak positif terhadap lingkungan. Mungking sebagian masyarakat masih kurang familira, tapi ternyata bisa dilakukan loh! Selain mengurangi sampah makanan, cara ini juga bisa menghemat dan mengurangi sampah plastik kemasan sayuran. Kamu bisa mulai regrow sayuranmu dari jenis yang paling mudah berikut ini:

Menumbuhkan kembali seledri dilakukan dengan memotong bagian bawah seledri kemudian letakkan di dalam wadah berisi sedikit air hangat. Letakkan wadah di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama setiap harinya. Kamu bisa melihat daunnya menebal dan tumbuh di sepanjang pangkal setelah sekitar satu minggu. Setelah itu kamu bisa memindahkan seledri ke dalam tanah dan tunggu sampai seledrimu tumbuh!

Daun bawang bisa ditumbuhkan dengan memotong ujung daun bawang sekitar 2 cm. Letakkan daun bawang pada wadah dalam posisi berdiri lalu isi dengan air. Air di dalam wadah sebaiknya diganti setiap hari dan letakkan wadah di tempat yang cukup sinar matahari. Setelah satu minggu bisa kamu lihat hasilnya. Ketika akan digunakan potong dengan gunting dan biarkan daun bawang tumbuh kembali.

Bagian wortel yang tidak dimakan adalah bagian ujung atasnya yang ditumbuhi batang dan daun. Bagian ujung atas tersebut diletakkan ke dalam wadah berisi air yang dangkal kemudian tunggu selama 5 hari. Ketika sudah tumbuh tunas kamu bisa pindahkan ke media tanah. Wortel akan tumbuh setelah sekitar 1-2 bulan.

Masak sisa sayuranmu

Siapa sangka bagian sayuranmu yang biasa dibuang ternyata ngga kalah lezat dengan bagian sayuran yang biasa kamu makan. Penasaran? Yuk intip cara berikut ini!

  • Buat menjadi saus atau salad dressing: Daun pada bagian atas wortel, batang kale, dan batang kangkung bisa dibuat saus pesto dengan cara menghaluskannya kemudian dicampurkan dengan olive oil.
  • Bikin bakso: Gunakan bagian ujung wortel, paprika, bawang, telur dan campurkan dengan tepung roti sebagai pengikatnya.
  • Bisa juga dibuat menjadi bakwan: Parut sisa sayuran dan campurkan dengan telur dan tepung lalu goreng.
  • Campurkan semua sisa sayuran menjadi kaldu sayur: Kamu bisa rebus campuran sisa sayuranmu selama 1 jam kemudian saring ampas dan simpan kaldu pada botol kaca.

Nah, ternyata banyak cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan sisa sayuran. Teman Sehat, langkah kecil kamu dalam mengurangi sampah makanan jika dilakukan bersama bisa berdampak besar terhadap lingkungan. So, yuk memulainya dan jangan lupa ajak orang-orang terdekatmu ya!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia SGz

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.