Masker Alami untuk Kulit Kering dan Berminyak, Apa Bedanya?

Halo Teman Sehat! Apakah facial mask masuk dalam daftar self-care kamu akhir pekan ini? Ngga dipungkiri bahwa seiring bertambahnya usia, banyaknya aktivitas, lingkungan yang ngga sehat, serta pola makan yang buruk, membuat kulit kita mengalami penuaan yang lebih cepat. Tapi, Teman Sehat ngga pengen dong kalau usia 20an tapi terlihat seperti 40an?

Selain mengonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral, rajin berolahraga, dan menghindari stres, rutin menggunakan masker alami merupakan salah satu treatment yang tepat untuk meremajakan kulit. Nah, Teman Sehat juga perlu memperhatikan komposisi masker apakah sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.

Untuk kulit kering

Tipe kulit ini memiliki ciri-ciri seperti berpori-pori besar, kusam, kurang elastis, garis-garis yang mudah terlihat, mudah pecah/iritasi/mengelupas, serta menjadi kasar dan berisik. Mereka yang memiliki tipe kulit ini biasanya kurang pede kalau ciri-ciri tersebut mulai bermunculan terutama setelah skip melakukan perawatan.

Rutin menggunakan masker akan membantu tipe kulit untuk meminimalisir munculnya ciri-ciri diatas. Nah, tipe masker yang digunakan haruslah yang bisa melembutkan, menahan air, mengandung minyak nabati, dan vitamin E. Semua manfaat ini bisa diracik sendiri loh dari bahan-bahan alami yang ada disekitar kita!

Ada beberapa kombinasi bahan alami yang bisa Teman Sehat manfaatkan untuk membuat masker bagi kulit kering:

  • Alpukat + minyak zaitun: cukup dengan menghaluskan alpukat lalu campurkan dengan sedikit minyak zaitun, oleskan ke wajah dan biarkan 15-20 menit.
  • Timun + lidah buaya: haluskan timun beserta gel lidah buaya dan oleskan merata pada wajah dan leher sambil dipijat, lalu biarkan ±30 menit.
  • Pisang + madu: haluskan pisang matang lalu tambahkan madu dan oleskan pada wajah dan tunggu ±20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
  • Kopi + lidah buaya: campurkan bubuk kopi hitam dengan gel lidah buaya kemudia oleskan pada wajah dan biarkan 10-15 menit.

Untuk kulit berminyak

Apakah kamu memiliki kulit wajah dengan pori-pori membesar, kusam dan berkilau, banyak komedo, serta mudah jerawatan? Jika ya, maka kamu memiliki tipe kulit berminyak. Untuk jenis kulit ini dianjurkan rajin mencuci muka dengan pembersih wajah berlabel oil free dan noncomedogenic, memakai tabir surya setiap keluar rumah, menggunakan kerta penyerap minyak, dan berbagai rekomendasi lainnya.

Rutin menggunakan masker juga bisa membantu mengendalikan produksi minyak berlebih serta mencegah munculnya jerawat. Nah, kamu butuh masker yang bisa membersihkan pori-pori, menyerap minyak, serta mengandung vitamin A dan C. Cek list berikut sebagai masker alami untuk kulit berminyak!

  • Putih telur + lemon: bahan alami ini cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Fungsinya ialah mengencangkan pori-pori wajah serta kandungan asam pada lemon efektif untuk menyerap produksi minyak yang berlebih.
  • Tomat: Yap! Cukup dengan menghaluskan tomat dan ratakan pada wajah. Kandungan salisilat dalam buah ini dapat menyerap minyak yang berlebih dan mengatasi penyumbatan pori-pori.
  • Lidah buaya: cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya secara langsung ke wajah dua kali sehari maka kulit lebih lembut dan minyak terkontrol.

Nah, udah tahu kan beda perawatan alami untuk kulit kering vs berminyak? Yuk, coba dipraktikkan di rumah! Kalau teman sehat punya ramuan masker lainnya boleh banget di share pada kolom komentar di bawah ini.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *