Apa Sih yang Terkandung di Balik Warna Sayur dan Buah?

Halo Teman Sehat! Tahukah Teman Sehat kenapa konsumsi buah dan sayur itu penting banget? Terus, apa sih makna di balik warna sayur dan buah?

Dalam pedoman gizi seimbang kita dianjurkan mengonsumsi buah 2-3 porsi dan sayur 3-5 porsi per hari

Buah dan sayur merupakan bahan makanan yang menyediakan kebutuhan zat gizi mikro bagi tubuh, yang terdiri dari vitamin dan mineral. Zat gizi mikro ini terdapat dalam jumlah yang sangat sedikitdi dalam makanan pokok kita, sehingga konsumsi buah sangat dianjurkan buat menjaga fungsi optimal tubuh secara keseluruhan.

Salah satu ciri buah dan sayur adalah warnanya yang sangat beragam dan menarik. Nah, ternyata warna tersebut ngga hanya mencirikan tampilan fisik buah dan sayur loh! tapi juga bisa memberikan gambaran zat gizi apa aja yang terkandung di dalamnya. Yuk kita bahas satu per satu!

1. Berwarna kuning-orange

Teman Sehat pasti udah ngga asing lagi dengan buah mangga, pepaya, nanas, jeruk, dan buah berwarna orange-kuning lainnya. Warna tersebut disebabkan oleh pigmen alami bernama karotenoid yang memberikan efek warna kuning, orange, atau merah. Karotenoid diketahui memiliki efek antioksidan bagi tubuh sehingga mampu menangkal radikal bebas. Buah-buahan yang mengandung pigmen ini juga kaya akan vitamin A dan C yang berperan dalam embantu meningkatkan imunitas, antioksidan, pencegahan kanker, serta berperan penting dalam pencegahan dan pengobatan penyakit. Kebayang kan efeknya bagi tubuh jika rutin mengonsumsi buah-buahan ini?

2. Kalau ungu?

Buah-buahan seperti anggur, buah naga, ubi ungu, blueberry  punya warna dominan ungu yang disebabkan oleh pigmen antosianin. Pigmen ini memiliki efek antioksidan yang berperan penting dalam mencegah zat-zat penyebab kanker dan mutasi gen. Selain itu, antosianin juga berperan sebagai antioksidan yang bisa menghambat terbentuknya gumpalan pada pembuluh darah. Jadi, disamping kandungan vitamin C, serat, kalium, dll, buah berwarna ungu ini juga baik buat fungsi optimal tubuh.

3. Buah dan sayur berwarna hijau

Warna hijau sebagian besar didominasi oleh sayur-sayuran. Warna hijau tersebut disebabkan oleh pigmen klorofil dan glukosinolat. Glukosinolat adalah kelompok turunan asam amino yang mengandung sulfur. Zat ini telah dikaitkan dengan penurunan jumlah penderita jenis kanker tertentu karena kemampuannya melakukan detoksifikasi pada zat-zat yang bersifat karsinogen. Selain itu, sayuran berwarna hijau juga tinggi zat besi, asam folat, vitamin C, dan serat. Mau manfaatnya? Yuk rajin-rajin makan brokoli, kembang kol, kubis, dll.

4. Kalau merah artinya apa?

Selain warnanya yang sangat menarik,buah dan sayur berwarna merah ini juga kaya akan zat gizi loh! Warna merah tersebut disebabkan oleh pigmen likopen yang secara ilmiah telah terbukti berperan sebagai pembentuk vitamin A, antioksidan, dan komunikasi antar sel. Mau manfaatnya? Yuk konsumsi tomat, semangka, anggur, raspberry, dll.

Nah, ternyata buah dan dayur yang berwarna-warni punya manfaat yang unik ya. Oleh karena itu kita sebaiknya mengonsumsi berbagai macam buah dan sayur untuk memperoleh manfaat yang optimal. Yuk makan buah dan sayur!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.