Merdeka dari Food Waste, Kenapa Tidak?

Teman sehat, kamu termasuk tim yang selalu habiskan atau sisakan makanan, nih? Faktanya, ngga semua orang tahu membuang makanan atau food waste punya dampak besar bagi lingkungan, loh! Mungkin bagi sebagian orang, hal ini merupakan urusan yang mudah, tapi bagi orang lain mendapatkan makanan bisa jadi kesulitan. Lalu, bagaimana ya agar bisa meminimalisir food waste? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Perbedaan food waste dan food loss

Teman Sehat, food waste sering dikaitkan dengan food loss, walaupun keduanya punya makna yang berbeda. Food loss diartikan sebagai makanan yang ngga sengaja mengalami penurunan kualitas maupun jumlah akibat tumpah, memar, layu, atau kerusakan lainnya yang disebabkan oleh keterbatasan saat diproses atau diproduksi.

Apple, Harvest, Bio, Garden, Bag Of Fruit, Food, Graze

Food waste yaitu makanan yang ngga bisa dikonsumsi lagi sehingga dibuang. Makanan tersebut selanjutnya bisa diubah menjadi kompos, menyebar ke tanah, dibakar, dibuang ke tempat sampah atau bahkan ke laut, loh.

Bahayanya bagi lingkungan

Meskipun terlihat sederhana, food waste punya dampak besar untuk lingkungan. Kamu harus tahu, selama makanan diolah dan akhirnya sampai ke tangan kamu, banyak sekali usaha dan energi yang dikeluarkan. Jadi, food waste sama saja dengan membuang uang, tenaga, energi, lahan, air, listrik, dan banyak lagi.

Ngga cuma itu, masalah serius lainnya adalah peningkatan emisi efek rumah kaca atau naiknya panas di bumi yang tentunya berakibat pada perubahan iklim. Cukup menyeramkan, bukan?

Bagaimana cara mencegahnya?

Banyak sekali ilmuan yang telah mengumumkan langkah-langkah pencegahan food waste. Kamu bisa memulainya dari diri sendiri dan orang-orang terdekat, seperti keluarga melalui langkah berikut:

Fish Counter, Music, Sale, Market, Business

  1. Peasan atau masak makanan sesuai porsi mu dan keluarga
  2. Manfaatkan sisa bahan makanan hari ini untuk memasak menu yang sama besok, atau menyimpan makanan sisa hari ini untuk dikonsumsi lagi besok.
  3. Menjadi konsumen pintar atau berarti kamu mampu membeli bahan pangan yang sesuai dengan kebutuhan, ngga perlu terlalu banyak menyediakan stok di rumah tanpa tahu tujuannya
  4. Beli bahan pangan ‘sisa’ supermarket dengan kualitas yang masih baik, walaupun tampilannya kurang menyenangkan
  5. Periksa kulkas secara teratur untuk mencegah bahan pangan membusuk dan jangan lupa menerapkan prinsip FIFO (first in, first out) atau mengeluarkan makanan yang pertama kali dimasukkan ke kulkas
  6. Manfaatkan limbah pangan sebagai kompos
  7. Berikan kelebihan makananmu kepada orang yang lebih membutuhkan

Nah, itu dia cara agar kamu bisa terhindar dari food waste, ngga sulitkan? Biasakan menghargai makanan sekecil apapun, sebab masih banyak orang di luar sana yang ngga seberuntung kamu. Yuk, merdekakan bumi dari food waste untuk kebaikan diri sendiri dan lingkungan. Jangan lupa bagikan informasi ini ke orang-orang sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *