Osteoporosis Menyerang Usia Muda, Kok Bisa?

Sahabat Sehat, umumnya osteoporosis identik dengan orang tua. Pernahkah kamu mengetahui bahwa osteoporosis juga bisa terjadi di usia muda? Faktanya penurunan massa tulang ini bisa dialami oleh segala usia, loh. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi dan bagaimana penanganannya akan dibahas dalam artikel berikut. Simak dan pahami ya!

penyebab oteoporosis pada usia muda
Foto: Freepik.com

Pengertian Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang ditandai dengan menurunnya kepadatan tulang secara menyeluruh akibat ketidakmampuan tubuh dalam mengatur kandungan mineral dalam tulang, disertai dengan rusaknya bentuk tulang sehingga mengakibatkan penurunan kekuatan tulang.

Osteoporosis disebut sebagai silent disease karena ngga menunjukkan gejala yang spesifik. Gejala yang muncul berupa nyeri pada tulang dan otot, tulang punggung membungkuk, tinggi badan menurun, dan nyeri punggung. Osteoporosis baru terdeteksi ketika kamu melakukan pemeriksaan tulang. Risiko osteoporosis lebih banyak menyerang perempuan dibandingkan laki-laki karena secara biologis perempuan mengalami masa menopouse yang ditandai dengan menurunnya kadar estrogen di dalam tubuh.

Penyebab Osteoporosis pada Usia Muda

Secara umum, osteoporosis disebabkan oleh beberapa faktor seperti keturunan, kurangnya asupan vitamin D dan kalsium, kurang melakukan aktivitas fisik serta mengalami masa menopause. Sedangkan penyebab terjadi osteoporosis di usia muda, diantaranya:

Amenorea

Kondisi pada perempuan yang tidak mengalami menstruasi dalam waktu lama sehingga menyebabkan hormon estrogen perempuan menurun yang menjadi penyebab osteoporosis.

Asupan kalsium rendah

Asupan zat gizi mikro berupa kalsium rendah akibat dari pola makan yang kurang baik, seperti ngga mengimbangi porsi makan sehari-hari dengan sayur, buah, maupun ikan.

Penyakit berhubungan dengan hormon

Hormon dalam tubuh banyak yang memberikan pengaruh terhadap proses pembentukan dan penghancuran tulang. Adanya gangguan hormon bisa meningkatkan risiko osteoporosis.

Penggunaan obat

Konsumsi obat terlalu sering seperti obat yang mengandung kortikosteroid dalam jangka waktu lama, seperti obat asma dan lupus bisa memicu terjadinya penyakit osteoporosis.

Penyebab lain

Memiliki riwayat osteoporosis dari keluarga serta kebiasaan hidup yang buruk seperti minum alkohol dan merokok.

penyebab oteoporosis pada usia muda
Foto: Freepik.com

Upaya Pencegahan Osteoporosis

Sebagai upaya meminimalkan risiko osteoporosis, Sahabat Sehat bisa melakukan beberapa langkah seperti memperbaiki pola makan dengan mencukupi kebutuhan kalsium dari sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan makanan laut. Selain itu, penuhi kebutuhan vitamin D dari ikan, kuning telur dan produk susu, bersamaan dengan mendarapat paparan sinar matahari di waktu pagi atau sore hari.

Kemudian, melakukan olahraga teratur, terutama yang berfungsi dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Misalnya, angkat beban, basket, dan sepak bola. Nah, yang tak kalah penting, yaitu menerapkan hidup sehat dengan menghindari kebiasaan merokok serta minuman alkohol.

Jangan sampai Sahabat Sehat terlena dengan kenikmatan sesaat hingga lupa menjaga kesehatan sebagai investasi masa depan. Salam sehat.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Dwiantono, Bima. 2021. Osteoporosis, Remaja Bisa Kena?. https://ners.unair.ac.id/site/lihat/read/1106/osteoporosis-remaja-bisa-kena, diakses pada 20 Oktober 2021.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Apa saja faktor yang menyebabkan Osteoporosis?. http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic/apa-saja-faktor-yang-menyebabkan-osteoporosis, diakses pada 21 Oktober 2021.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. 2015. Data dan Kondisi Penyakit Osteoporosis di Indonesia. ISSN 2442-7659.

Rachmawati T.N. 2017.  Deteksi Dini Osteoporosis Pada Remaja Putri Siswi SMA Ta’miriyah Surabaya. AntorUnairdotNet; Vol.VI (3); 473-480.

Rumah Sakit Panti Nirmala. 2020. Penyebab Osteoporosis di Usia Muda. https://www.youtube.com/watch?v=cJIX22sUfMI, diakses pada 20 Oktober 2021.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.