Ergonomic Chairs, Redakan Nyeri Punggung

Hai, Sahabat Sehat! Bagaimana pengalaman WFH-mu? Merasakan nyeri punggung karena duduk berjam-jam di depan layar komputer dan hanya istirahat saat coffee break? Nyeri punggung bisa dipastikan dirasakan setelah duduk terlalu lama. Sudahkah menemukan solusi efektif mengurangi rasa nyeri tersebut? Jika belum, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk membeli ergonomic chairs (kursi dengan desain ergonomis). Mau tahu alasannya, let’s check it out!

redakan nyeri punggung dengan ergonomic chairs
Foto: Pexels.com

Apa itu ergonomic chairs?

Kursi secara langsung berpengaruh pada postur individu yang mengalami musculoskeletal symptoms (gangguan pada jaringan otot, tendon, ligamen, sistem syaraf, struktur tulang dan pembuluh darah) yang diasoasiasikan dengan waktu duduk terlalu lama. Risiko musculosketal pains seperti nyeri punggung dan pinggang bisa dikurangi dengan mengganti kursi kerja. Mengganti kursi dianggap sebagai cara paling pragmatis ketika ruang kerja terbatas dan penyesuaian meja kerja tidak memungkinkan karena faktor biaya.

Ergonomic chairs dirancang untuk memberikan pengalaman duduk nyaman meski bekerja dalam waktu lama dan dibuat dengan menyesuaikan tubuh atau preferensi duduk. Sehingga, mampu mengurangi risiko musculoskeletal pains seperti nyeri punggung.

Kenapa bisa mengurangi nyeri punggung?

Menopang Postur Tubuh

Ergonomic chairs menopang postur tubuh alami dan mengurangi tekanan pada tubuh. Bagian belakang kursi sepanjang ketinggian bahu. Bagian bawah punggung sedikit melengkung ke depan menyesuaikan lekukan tulang lumbar. Sandaran tangan dirancang menopang siku dan lengan sehingga memungkinkan menggunakan keyboard dan mouse tanpa menyebabkan kelelahan otot bahu dan lengan. Tinggi kursi bisa diatur supaya kaki menapak lantai dan lutut tertekuk 90o.

menggunakan ergonomic chairs
Foto: Pexels.com

Posisi pinggul dan panggul selaras

Nyeri punggung seringkali terjadi karena kamu duduk dengan posisi pinggul dan panggul ngga selaras. Saat duduk dalam posisi yang tepat, struktur tulang panggul bagian depan dan belakang akan sejajar. Mayoritas orang duduk dengan panggul dimiringkan ke belakang, sehingga membuat ligamen dan otot punggung menjadi lebih tegang. Menggunakan ergonomic chairs, bisa mengurangi terjadinya hal ini.

Mencegah Postur Membungkuk

Ketinggian kursi bisa disesuaikan dan sandaran kursi menopang tulang belakang bagian bawah. Sehingga, mencegah postur membungkuk, dengan begitu tubuh akan terposisiskan untuk duduk pada posisi yang tepat. Ini juga bisa mengurangi tekanan pada otot leher akibat posisi kepala maju terlalu ke depan.

Mengurangi Kebutuhan Fleksi (Gerakan Maju) ke Depan

Saat duduk membungkuk, kamu mungkin akan kesulitan untuk mengambil barang di meja tanpa mencondongkan badan ke depan. Nah, inilah yang mungkin menjadi salah satu penyebab terjadinya sakit punggung. Sandaran punggung ergonomic chairs menopang duduk lebih tegak dan memudahkan menjangkau barang tanpa mencodongkan badan ke depan, sehingga mengurangi beban tambahan pada punggung bawah.

Meningkatkan Kenyamanan

Konsep dari ergonomic chairs sendiri, untuk membuat kamu merasa lebih nyaman karena hampir setiap komponennya telah disesuaikan untuk mengakomodasi berbagai jenis dan ukuran tubuh. Meskipun bentuknya beragam, sebagian besar ergonomic chairs memiliki bantalan kursi dan bantalan punggung lebih tebal atau berkontur, adanya penyangga pinggang tambahan, serta ketinggian kursi dan sandaran tangan yang bisa diatur.

Nah, Sahabat Sehat, apakah kamu tertarik untuk menggunakan ergonomic chairs? Ngga ada salahnya coba berinvestasi pada kesehatan sejak dini. Kamu bisa mengurangi risiko terkena nyeri punggung, sehingga kerja bisa semakin menyenangkan dan produktif.

Editor &  Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Nieker, SJ, Louw, QA, Hillier, S. 2012. The effectiveness of a chair intervention in the workplace to reduce musculoskeletal symptoms. A systematic review. BMC Musculoskelet Disord. 13(145):1-7. doi: 10.1186/1471-2474-13-145

Ward, B. 2021. 5 Reasons Ergonomic Chairs Will Improve Your Back Pain https://www.btod.com/blog/ergonomic-chairs-back-pain/. Diakses 23 Juli 2021.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.