Tipe Profesional Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Sahabat Sehat, pernahkah kamu kebingungan pergi ke dokter atau profesional kesehatan saat mengalami keluhan penyakit tertentu? Jika kamu tahu harus kemana, maka penyakit akan lebih cepat diobati. Berikut ini beberapa tipe profesional kesehatan yang bisa kamu datangi berdasarkan keluhan penyakit yang dialami. Let’s check it out!

Dokter THT (Telinga Hidung Tenggorokan)

Sesuai dengan namanya, dokter THT menangani gangguan di area telinga, hidung, dan tenggorokan. Secara detail, tugas dokter THT yaitu merawat dan mengobati pasien dengan kondisi kronis bagian pendengaran, masalah keseimbangan, melakukan pemesanan alat bantu dengar, mengobati kondisi telinga akut seperti infeksi telinga, serta melakukan pembedahan telinga dan sinus.

Wanita Dengan Jaket Denim Biru Duduk Di Samping Wanita Berbaju Putih
Sumber: Pexels.com

Berikut ini keluhan lainnya, seperti gangguan indera penciuman, hidung tersumbat kondisi parah, telinga berdengung, kesulitan mendengar, dan tidur mendengkur parah. Di Indonesia, profesi ini tergabung dalam PERHATI-KL atau Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Bedah Kepala Leher Indonesia.

Dermatologist

Dokter spesialis ini bertugas mendiagnosis dan menangani anak-anak atau orang dewasa yang menderita penyakit kulit, rambut, atau kuku. Berikut ini beberapa kondisi yang membutuhkan perawatan dermatologist, yaitu kanker kulit, eksim, psoriasis, jerawat, dan ruam kulit akibat obat.

Jika kamu memiliki riwayat kanker kulit di keluarga atau terpapar matahari/sinar UV dalam jangka waktu lama sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dermatologist secara rutin. Pasalnya, penyakit kulit merupakan salah satu penyakit yang paling sering dijumpai di negara tropis seperti Indonesia karena suhu dan kelembaban yang berubah-ubah setiap waktu.

Di Indonesia, organisasi profesi ini bernama PERDOSKI atau Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia.

Neurologist

Dokter ahli saraf atau neurologist menangani pasien dengan kondisi gangguan sistem saraf yang bertanggung jawab atas seluruh aktivitas tubuh yang meliputi otak, sumsum tulang belakang, telinga, mata, kulit, hidung. Seorang neurologist di Houston Methodist, Dr. Nhu Bruce, menyatakan ada enam tanda kamu perlu mengunjugi neurologist, yakni sakit kepala parah atau kronis, nyeri kronis, pusing luar biasa, mati rasa atau kesemutan, kesulitan bergerak, dan kesulitan mengingat atau sering kebingungan.

Tiga Orang Melihat Hasil Rontgen
Sumber: Pexels.com

Di Indonesia, profesi ini tergabung dalam PERDOSSI atau Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia.

Podiatrist

Banyak orang yang belum mengetahui profesi podiatrist. Dokter spesialis ini bertugas mendiagnosis, merawat, dan mengobati pasien dengan gangguan pada kaki, pergelangan kaki, tungkai, dan struktur di sekitarnya. Kunjungi podiatrist jika kamu mengalami keluhan, seperti nyeri kaki, kuku kaki menebal atau berubah warna, luka parah di kulit, tumbuh daging mirip kutil, dan pengelupasan di telapak kaki.

Intinya, podiatrist menangangi berbagai masalah kaki. Namun, sayangnya jenis dokter spesialis ini belum ada di Indonesia.

Terapis fisik

Berbeda dengan profesional kesehatan sebelumnya, terapis fisik bukan dokter spesialis melainkan profesional medis yang sangat terlatih dan bersertifikat. Terapis fisik memeriksa pasien dan merencanakan perawatan untuk meningkatkan kemampuan gerak, mengurangi rasa sakit, memulihkan fungsi anggota tubuh, atau mencegah kecacatan.

Nah, itu dia Sahabat Sehat berbagai tipe profesional kesehatan yang bisa kamu kunjungi saat mengalami keluhan atau penyakit tertentu. Jangan lupa bagikan artikel ini ke orang-orang sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Healthline. 5 Types of Health Professionals You Should Know About. https://www.healthline.com/health/types-of-doctors-specialists#ent

Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Bedah Kepala Leher Indonesia. https://perhati-kl.or.id/

NHS. Dermatology. https://www.healthcareers.nhs.uk/explore-roles/doctors/roles-doctors/medicine/dermatology

WebMD. What Is a Podiatrist? https://www.webmd.com/diabetes/podiatrist-facts

APTA. What Physical Therapists Do. https://www.apta.org/your-career/careers-in-physical-therapy/becoming-a-pt

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.