Pentingnya Mengetahui Informasi Seputar Kesehatan Seksual

Teman Sehat, topik kesehatan seksual masih sering dianggap tabu oleh masyarakat di Indonesia. Tahukah kamu, faktanya banyak hal tentang seksual yang perlu diketahui, tentunya disesuaikan dengan umur dan fase hidup seseorang. Hal ini ngga hanya terbatas pada naluri alami laki-laki dan perempuan terhadap nafsu semata, tetapi juga terkait kesehatan fisik dan mental yang perlu dijaga. Yuk, simak informasi tentang kesehatan seksual berikut ini!

Pengertian

Di era sekarang, banyak orang yang hanya fokus dengan kesehatan organ dalam seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan lainnya. Namun, kamu juga harus peduli dengan pentingnya kesehatan seksual. Hal ini dianggap penting karena berdampak pada kehidupan seseorang di masa depan. Terdapat beberapa istilah dalam konteks seksual menurut WHO yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

A man and woman cuddling together in bed.

  1. Seks

Istilah ‘seks’ mengacu pada karakteristik biologis yang menjelaskan manusia sebagai laki-laki atau perempuan. Secara umum, istilah tersebut juga berarti aktivitas seksual.

  1. Seksualitas

Seksualitas terdiri dari seks, identitas dan peran gender, kecenderungan seksual, erotisme, kesenangan, keintiman, dan reproduksi. Seksualitas bisa dirasakan dan diekspresikan di dalam pikiran, keinginan, sikap, tindakan, peran, dan hubungan. Psikologis, sosial, ekonomi, politik, budaya, etika, hukum, agama, dan spiritual sangat memengaruhi seksualitas.

  1. Kesehatan seksual

Kesehatan seksual merupakan keadaan emosional, mental, fisik, dan sosial yang berkaitan dengan seksualitas. Hal ini ngga hanya tentang kondisi seseorang yang mempunyai penyakit dan gangguan seksual, tetapi juga bagaimana orang tersebut bisa berperilaku positif dan menghormati seksualitas dan hubungan seksual itu sendiri.

Selain itu, kesehatan seksual juga dapat ditunjukkan lewat pengalaman seksual yang menyenangkan, aman dan bebas dari paksaan, diskriminasi, dan kekerasan. Kondisi ini bisa dicapai jika hak setiap orang (dalam hal ini suami dan istri) dapat saling menghormati, melindungi dan terpenuhi dengan baik.

  1. Hak seksual

Hak seksual merupakan hak asasi manusia setiap pelaku seksual (suami-istri) yang sudah diakui dalam aturan nasional dan dokumen lainnya. Hak seksual meliputi hak setiap orang dalam berhubungan seksual yang bebas dari paksaan, diskriminasi, dan kekerasan.

Mengapa kesehatan seksual penting?

Kesehatan seksual erat hubungannya dengan kesehatan reproduksi. Keduanya diharapkan bisa memberikan dukungan dalam kondisi seperti kehamilan dan persalinan serta mengurangi aktivitas seksual yang negatif.

man and woman dancing at center of trees

Kesehatan seksual dan reproduksi diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi laki-laki dan perempuan baik pada kelompok usia produktif, maupun pada kelompok usia post-produktif.

Nah, sekarang kamu sudah mengerti bahwa kesehatan seksual dan reproduksi perlu diketahui agar tercapai hubungan seksual yang aman dan memuaskan. Lebih pentingnya lagi, derajat kesehatan dapat dicapai secara maksimal. Jangan lupa bagikan informasi menarik ke orang-orang sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *