Petik Manfaat di Hari Toleransi Internasional

Sahabat Sehat, tanggal 16 November diperingati sebagai International Day for Tolerance atau Hari Toleransi Internasional (HTI) di seluruh dunia. HTI pertama kali dideklarasikan oleh UNESCO pada hari ulang tahun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di tahun 1995. Salah satu poin menarik dalam deklarasi adalah toleransi yang disebutkan dapat menghindari sejumlah permasalahan dunia. Topik ini menjadi penting karena masih banyak ditemukan kasus intoleransi, diskriminasi, kekerasan, dan ketidakadilan.

hari toleransi internasional
Foto: Pexels.com

Toleransi merupakan sikap saling peduli, menerima dan mengapresiasi terhadap perbedaan antar manusia, baik dalam aspek kebudayaan maupun beragam ekspresi yang ada pada manusia. Mengingat bahwa manusia memiliki perilaku yang bervariasi, maka hanya dengan bertoleransi, kelangsungan hidup dalam komunitas pun akan terjamin dan meminimalkan rasa ngga peduli.

Memaknai prinsip toleransi 

Dikutip dari laman toleranceday.org, toleransi merupakan suatu cara mengakui hak asasi manusia secara luas dan kebebasan fundamental antar individu. Perayaan HTI dimaknai sebagai bentuk kampanye untuk mengedukasi dan membangun kesadaran bagi setiap orang supaya bisa menghargai prinsip nilai toleransi.

HTI merupakan momentum yang tepat untuk mengajak masyarakat mengenali keberagaman, menumbuhkan sikap bertoleransi, sehingga kelak dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bangun rasa tolenransi

Sebenarnya, membangur rasa toleransi itu ngga sulit, kok! Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun rasa toleransi.

Pendidikan, diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan mendapatkan pemahaman yang tepat tentang berbagai pebedaan kekayaan budaya, agama dan etnis.

Hukum, menegakkan keadilan melalui payung kebijakan secara tegas berupa sanksi tindakan bagi orang yang melakukan diskriminasi terhadap suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Stereotip, menghilangkan tanggapan atau prasangka negatif terhadap kelompok atau individu tertentu.

Kesadaran individu, tentunya ini menjadi dasar yang paling utama supaya rasa toleransi bisa tumbuh, diperlukan adanya kesadaran pada diri masing-masing dalam menerima perbedaan.

hari toleransi internasional
Foto: Pexels.com

Pentingnya rasa toleransi

Sahabat Sehat, perayaan HTI merupakan upaya yang secara terus menerus dilakukan untuk menyemangati dan mengkritisi beberapa kejadian intoleransi yang masih banyak dijumpai. Meskipun toleransi hadir sebagai bentuk konsekuensi eksistensi perbedaan, kamu perlu memahami bahwa tolerensi juga berarti memberikan ruang khusus untuk memiliki hak yang sama.

Melalui toleransi, kamu mampu menerima dan menghargai beragam latar belakang orang lain tanpa disertai prasangka yang buruk. Hal inilah yang menjadi jembatan dasar terciptanya kedamaian dan keseimbangan.

Munculnya intoleransi yang bernilai kurang baik dapat mengakibatkan munculnya rasa abai terhadap perbedaan. Sehingga diharapkan, ketepatan pemahaman toleransi akan menghindarkan dari tindakan intoleran yang membatasi hak setiap individu. Sahabat Sehat, selamat Hari Toleransi Internasional!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Toleranceday. 2021. Tolerance Day. http://www.toleranceday.org/ Diakses 15 November 2021

United Nations. 2019. International Day for Tolerance. https://www.un.org/en/observances/tolerance-day Diakses 15 November 2021

UNESCO. International Day for Tolerance. https://en.unesco.org/commemorations/toleranceday Diakses 15 November 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.