Potensi Teripang Sebagai Salah Satu Sumber Kolagen

Sahabat Sehat, teripang menjadi salah satu hewan laut yang bisa dikonsumsi. Faktanya, teripang ini bisa menjadi salah satu sumber kolagen yang baik untuk menjaga kelenturan dan kekencangan kulit. Lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Kolagen

Kolagen termasuk kedalam protein yang banyak terdapat pada hewan dan menjadi komponen utama dalam jaringan ikat yang ada di tulang, kulit, tendon, kornea mata dan kulit. Sepertiga jumlah protein dari tubuh manusia merupakan jumlah kolagen.

cegar keriput dengan kolagen
Foto: Freepik.com

Namun, seiring dengan bertambahnya usia dan paparan radiasi UV dari sinar matahari, keersediaan kolagen dalam jaringan ikat tersebut akan menipis dan mengalami kerusakan. Nah, perubahan ini bisa kamu minimalisir dengan penggunaan kosmetik dan asupan makanan yang mengandung kolagen.

Teripang

Teripang menjadi salah satu produk ekspor untuk negara Amerika Serikat, Hongkong, Singapura, dan Taiwan. Hewan yang termasuk dalam Echinodermata atau berkulit duri ini tidak memiliki tulang belakang. Bentuknya terlihat seperti timun sehingga seringkali disebut sebagai “timun laut” atau “sea cucumber”. Teripang memiliki tentakel untuk menangkap ikan, mulut dan anusnya berada pada sisi yang berlawanan.

Sahabat Sehat, teripang sangat banyak spesiesnya, ada sekitar 153 spesies diseluruh dunia dan 53 spesies diantaranya ada di perairan Indonesia meliputi genus Holothuria, Actinopyga, Bohadschia, Labiodemas, Thelonata dan Stichopus. Sedangkan jenis yang sering ada dipasaran salah satunya termasuk kedalam famili Holothuridae dan Stichopodidae.

Kandungan gizi teripang

Kandungan gizi pada 100 gram teripang 82 gram nya adalah protein dimana 80% dari protein tersebut adalah kolagen. Lemak 1,7 gram, karbohidrat 4,8 gram, kalsium 308 mg, fosfor 23 mg, besi 41,7 mg, natrium 770 mg, kalium 91 mg, vitamin A 455 SI, vitamin B2 0,07 mg dan riboflavin 0,4 mg.

teripang sumber kolagen
Foto: Freepik.com

Nah, selain kandungan gizi proteinnya yang cukup tinggi, beberapa jenis teripang juga mengandung senyawa aktif, misalnya enzim arginin kinase dan senyawa antibakteri pada jenis Stichopus japonicus, serta serum amyloid A yang terkandung dalam teripang Holothuria glaberrina. Selain itu, pada teripang Saccharomyces cerevisiae juga terdapat senyawa fucan sulfat yang berperan sebagai penghambat osteoklastogenesis yang merupakan salah satu pemicu terjadinya osteoporosis.

Manfaat teripang untuk kesehatan

Kandungan gizinya yang cukup lengkap, terutama kandungan proteinnya, membuat teripang sering digunakan untuk mencegah dan mengatasi penyakit. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, terping digunakan untuk melancarkan fungsi ginjal, peredaran darah, mencegah penyempitan pembuluh darah akibat kolesterol, diabetes melitus, arthritis, hipertensi, sebagai antiseptik dan mempercepat penyembuhan luka.

Sahabat Sehat, ternyata teripang sangat begitu banyak manfaatnya, dari mulai bagus untuk kulit hingga untuk kesehatan. Yuk, mulai mencoba konsumsi teripang, kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara direbus, atau bahkan bisa langsung dikonsumsi seperti sashimi.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Karnila, R. (2011). Pemanfaatan komponen bioaktif teripang dalam bidang kesehatan. https://repository.unri.ac.id/handle/123456789/5654?show=full. Diakses 1 April 2023.

Safithri, M., Setyaningsih, I., Tarman, K., Yuhendri, V. M., & Meydia, M. (2018). Potensi kolagen teripang emas sebagai inhibitor tirosinase. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jphpi/article/view/23085. Diakses 1 April 2023.

Suryaningrum, T. D. (2008). Teripang: potensinya sebagai bahan nutraceutical dan teknologi pengolahannya. http://www.bbp4b.litbang.kkp.go.id/squalen-bulletin/index.php/squalen/article/view/160. Diakses 1 April 2023.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.