Pound Fit, Olahraga Fun dengan Stick Drum!

Halo, Teman Sehat! Masih dalam suasana Hari Olahraga Nasional, nih! Gimana, masih semangat ngga olahraganya? Ternyata, manfaat olahraga ngga cuma membuat badan kamu lebih sehat dan bugar aja, loh!

Tapi, juga bisa menurunkan berat badan dan membentuk tubuh (body shape) kamu. Nah, tahun ini banyak olahraga kekinian, yang bisa dilakukan sendiri atau berkelompok, salah satunya Pound Fit. Katanya, olahraga ini ngga bikin bosen loh, karena diiringi musik. Mau tau apa aja manfaat olahraga ini? Let’s check it out!

Pound fit

Pound fit adalah olahraga full body cardio yang menggabungkan gerakan kardio dan kekuatan saat latihan yang terinspirasi dari gerakan pilates, dengan menggunakan stick drum (Ripstix) dan iringan musik. Olahraga ini, di desain untuk semua kalangan, laki-laki atau perempuan sesuai dengan kemampuannya.

Ide awal olahraga ini, ditemukan oleh dua wanita, yaitu Kristen Potenza dan Cristina Paerenboom yang merasa bosan dengan latihan pilates yang selama ini dilakukan. Kemudian mereka menggabungkan prinsip gerakan pilates dengan gerakan bermain drum sebagai gerakan dasar Pound fit.

3 Prinsip yang dimiliki Pound Fit, yaitu Mind, Body dan Inner Rockstar, mengajak kamu berolahraga dengan cara yang berbeda, yaitu melakukan gerakan yang mudah  dan menyenangkan, tapa menghilangkan manfaat yang didapatkan oleh tubuh.

Yuk, latihan!

Kalau mau melakukan olahraga Pound fit, kamu harus menggunakan Ripstix. Ripstix adalah stick drum berbobot ringan (0,25 pound atau  0,113 kg) yang berfungsi sebagai alat bantu selama latihan berlangsung. Ripstix akan mempermudah kamu mensatbilkan tubuh dan berkonsentrasi selama latihan. Selain itu, juga melatih kekuatan pundak, otot bisep dan trisep, lengan bawah dan punggung.

Ada empat posisi dasar dalam Pound Fit, yaitu SET, KIT, T&A, dan LUNGE. Posisi SET adalah posisi berdiri  dasar dalam olahraga ini. Pada posisi ini, kaki kamu dibuka agak lebar, lalu dengan posisi agak membungkuk ke depan dan Ripstix digunakan sebagai penyanggah tubuh. Posisi selanjutnya adalah KIT, yaitu posisi duduk dasar. Posisi ini mengharuskan kamu duduk dengan membentuk posisi L dan kaki agak diangkat, lalu tangan sambil memegang stick digunakan sebagai penyangga.

Posisi T&A, adalah posisi mengangkat setengah bagian tubuh kamu, dengan mengangkat kedua kaki dan tangan digunakan debagai penyangga tubuh. Posisi terakhir adalah LUNGE, yaitu posisi split dasar dengan tangan sebagai penyangga. Kamu bisa melakukan latihan ini selama 45 menit, dengan mencampur  gerakan dasar ini dan diiringi oleh musik.

Manfaat Bagi tubuh

Berdasarkan studi yang dikembangkan, melakukan latihan ini dengan menggabungkan gerakan olahraga dan musik, akan meningkatkan cara kerja otak dan melepaskan stress yang berlebih.

Selain itu, irama drum yang digunakan, bisa meningkatkan fokus, cara berfikir, cara mengambil keputusan, meningkatkan sistem imun, menurunkan tekanan darah, dan lainnya. Selain itu, gerakan Pound Fit, akan membakar kalori kamu sebesar 900+ Kal per jam, menguatkan dan membentuk otot, loh!

Nah, itulah penjelasan mengenai olahraga Pound Fit. Olahraga ini, bisa kamu lakukan sendiri di rumah ataupun berkelompok di kelasnya. Di Jakarta, kelas ini udah di buka loh! Yuk, hidup sehat dengan berolahraga, agar kamu, generasi kekinian tetap sehat dan bugar!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *