Sisi lain Festival Olahraga

Teman Sehat, salam olahraga! FYI, festival olahraga terbesar di Asia sebentar lagi akan dilaksanakan di Indonesia, loh! Yap, Asian Games atau Asiad 2018, akan diikuti oleh 45 negara dengan 465 perlombaan di 40 cabang olahraga. Nah, festival ini menjadi daya tarik tersendiri buat banyak orang, baik di dalam maupun di luar negeri. Tapi kamu tau ngga sih, ternyatau festival olahraga seperti Asiad punya dampak tersendiri loh, buat kesehatan masyarakat sekitar? Mau tau apa aja? Let’s check it out!

Sisi lain festival olahraga

Festival olahraga bisa dikatakan besar, kalau festival tersebut mengundang penonton dari mancanegara. Walaupun diselenggarakan dalam waktu yang terbatas dan periode yang singkat, pelaksanaannya memerlukan biaya yang sangat besar, loh. Sehingga, biasanya sisi lain yang dinilai dari festival ini berdasarkan aspek ekonomis. Tapi, ada beberapa penelitian yang mencoba buat melihat sisi lain festival olahraga besar yaitu, kualitas hidup dan kesehatan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Cape Peninsula, Afrika Selatan, banyak sisi postif yang terjadi saat penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2010. Sisi positifnya yaitu, berkurangnya angka kriminalitas, kemacetan, kebisingan, dan polusi sosial. Selain itu, selama festival olahraga berlangsung, terlihat tingginya rasa nasionalisme dan patriotisme yang ditampakkan untuk bangsanya masing-masing, walaupun biasanya cuma bertahan dalam waktu singkat.

Lain halnya dengan penelitian yang dilakukan Rebecca. Menrut penelitiannya, ngga ada perubahan kualitas hidup secara signifikan selama festival olahraga berlangsung. Jika terjadi peningkatkan, hal in disebabkan tingginya respon individu selama festival olahraga berlangsung.

Ekspektasi selama festival olahraga

Teman Sehat, biasanya kalau ada festival olahraga yang diselenggarakan, pasti kamu merubah pola hidup kamu lebih baik, ya ngga? Jadi lebih semangat berolahraga gitu. Ternyata, ekspektasi itu benar adanya, loh! Menurut penelitian yang dilakukan, terdapat sisi positif yang berhubungan dengan aktivitas fisik selama penyelenggaraan festival berlangsung. Tapi, hasil penelitian ini ngga cukup kuat.

Kurangnya fakta yang membuktikan sisi positif kesehatan masyarakat secara langsung bukan berarti ngga ada sama sekali sisi positif yang didapat. Pembangunan akses transportasi, fasilitas olahraga seperti fasilitas klinis lokal dan pusat kebugaran,  juga dapat meningkatkan akses terhadap kesehatan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Beijing tahun 2008, adanya penurunan sebesar 40% kasus penyakit menular selama Olimpiade Musim Panas di kota tersebut. Hal ini disebabkan meningkatnya perlindungan kesehatan seperti meningkatnya kualitas higiene makanan.

Nah, sekarang kamu tau kan apa aja sisi lain dari penyelenggaraan festival besar olahraga. Semua sisi lain yang ada selama festival berlangsung, seperti adanya  akses dan fasilitas olahraga yang diberikan, ngga akan bertahan lama kalau para pemangku kebijakan dan aktor kesehatan lainnya ngga berkomitmen buat mempromosikan gaya hidup sehat.

Yuk, jaga euforia yang sudah dibangun supaya ngga hilang gitu aja. Jangan lupa, semarakkan Asian Games 2018 dengan gaya hidup sehat, ya!

 

Editor & Proofreader : Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *