Snack Ini Cocok untuk Pengisi Perut Setelah Berolahraga

Teman Sehat, tahukah kamu? Kebanyakan orang berpikir untuk ngga ‘ngemil’ apapun setelah berolahraga. Tapi, ternyata makan setelah berolahraga penting, loh buat tubuh. Hal ini dikarenakan mengonsumsi makanan akan membantu pemulihan tubuh setelah berolahraga, sekaligus memberikan energi, dan mengembalikan cairan yang hilang selama berolahraga.

Nah, salah satu makanan atau minuman yang bisa kamu konsumsi adalah smoothies buah. Ngemil olahan buah ini ini bisa menjadi alternatif pengisi perut setelah berolahraga, loh! Mau tahu apa aja manfaatnya? Yuk, simak!

Fruit Smoothies

Smoothies buah kini sangat digandrungi, baik oleh anak muda maupun teman-teman dewasa muda. Ngga cuma rasanya yang enak, karena adanya berbagai macam variasi buah, smoothies juga kaya akan zat gizi yang baik buat tubuh. Biasanya olahan buah ini disajikan dalam mangkuk dan diberi topping potongan buah-buah, granola, maupun kacang-kacangan.

Cara membuatnya juga sangat mudah, kamu hanya perlu membekukan buah kesukaan dan kemudian haluskan menggunakan blender. Kamu juga bisa menambahkan susu, yoghurt,bahkan oatmeal atau madu sesuai dengan selera.

Mengapa fruit smoothies?

Meskipun terdapat banyak jenis snack lainnya, fruit smoothies bisa menjadi pilihanmu untuk mendapatkan snack yang bisa dibuat dengan mudah, cepat, tapi tetap memiliki kandungan gizi yang tepat. Olahan buah ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, rendah lemak, dan tinggi serat.

Kandungan karbohidrat pada olahan ini, bisa mengembalikan energi yang hilang. Selain itu kandungan proteinnya juga membantu memperbaiki dan membangun massa otot dan jaringan lain pada tubuh. Cairan dan elektrolit yang terkandung di dalamnya, juga bisa membantu mengisi ulang cairan yang hilang dari keringat dan mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh, loh!

Rekomendasi buah

Buah pisang merupakan buah yang paling sering digunakan dalam smoothies. Kandungan gizi buah ini ngga diragukan lagi, karena mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, dan mineral. Selain itu, buah pisang juga baik dikonsumsi setelah olahraga karena bisa mengembalikan energi dengan cepat dan mengandung mineral magnesium (Mg) dan kalium (K) yang bisa membantu membuat relaks otot setelah berolahraga.

Selain kandungan gizinya yang bermanfaat bagi tubuh pasca-olahraga, kamu juga bisa mengatur porsinya sesuai keinginan, buah yang akan digunakan, hingga menambahkan topping lezat dan sehat sesuai keinginanmu. Jadi gimana Teman Sehat, sudah siap membuat smoothies? 

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *