Yuk, simak Manfaat VCO yang perlu Kamu Tahu!

Teman Sehat, akhir-akhir ini banyak masyarakat yang sudah mulai beralih pola hidup sehat, terutama anak muda. Yap, pentingnya memperbaiki pola hidup sehat, terutama dari pola makan, bisa berkontribusi dalam menjaga kesehatan kamu, loh. Sekarang ini, banyak oarang-orang yang mulai beralih menggunakan minyak kelapa atau VCO (Virgin Coconut Oil) untuk bahan menumis makanannya. Apakah benar VCO memiliki kandungan zat gizi yang lebih dari minyak goreng pada umumnya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Virgin Coconut Oil (VCO)

VCO merupakan minyak nabati yang diperoleh dari daging buah kelapa segar dengan proses pemanasan yang rendah, sehingga kandungan zat gizi yang penting di dalam minyak tetap terjaga. Kelapa yang digunakan bukan berasal dari kelapa sawit ya, Teman Sehat, tetapi kelapa jenis hibrida atau yang batangnya lebih rendah dari pohon kelapa biasanya.

Minyak ini lebih tahan terhadap panas, cahaya, dan oksigen sehingga ngga mudah rusak seperti minyak goreng pada umumnya. Berbeda dengan minyak goreng biasanya, VCO bewarna bening jernih dan memiliki rasa gurih yang khas. Jadi, jika kamu menumis menggunakan minyak ini, akan ada rasa gurih yang berbeda dari biasanya.

Asam lemak pada VCO

Berdasarkan struktur zat penyusunnya, minyak ini memiliki struktur yang lebih sederhana, jika dibandingkan dengan minyak goreng lainnya. Terbuat dari kelapa, membuat minyak ini mengandung asam lemak baik, seperti asam laurat.

Asam lemak ini tergolong asam lemak yang kestabilannya tinggi dan ngga mudah menghasilkan zat toksik. Selain itu, minyak ini juga mengandung tokoferol atau zat antioksidan yang bisa berperan menangkal radikal bebas pada tubuh.

Manfaat minyak ini

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Anton, membuktikan bahwa VCO lebih mudah dicerna dan didistribusikan dalam tubuh sehingga ngga disimpan dalam bentuk timbunan lemak. Artinya, minyak ini lebih mudah diubah menjadi energi untuk aktivitas sehari-hari.

Selain itu, minyak ini juga memberikan dampak positif terhadap kesehatan karena bisa membantu menstimulasi metabolisme tubuh, mengurangi risiko penyumbatan pada pembuluh darah, dan mengurangi paparan zat radikal bebas dalam sel. Selaian dikonsumsi, VCO juga bisa dijadikan sebagai pelembab untuk kulit kering, loh!

Nah, Teman Sehat, sekarang udah tahu kan, banyak manfaat yang diperoleh jika kamu ingin beralih menggunakan minyak ini. Biasanya, minyak ini digunakan untuk menumis masakan, memanggang roti, maupun dicampurkan ke salad. Selamat mencoba, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *