Sourdough, Roti Asam Kekinian

Teman Sehat, apakah kamu pencinta roti? Jika kamu pencinta roti, maka kamu wajib tahu salah satu jenis roti yang saat ini tengah populer. Sourdough, merupakan jenis roti yang sedang booming di kalangan pecinta roti. Alasannya karena rasanya yang khas dan manfaatnya bagi kesehatan. Penasaran dengan roti ini? So lets chek it out !

Sejarahnya

Secara bahasa sourdough artinya adonan asam. Yap, seorang Arkeolog Mesir terkenal bernama Mark Lehner menemukan ratusan potongan tembikar yang membentuk cetakan roti. Kemungkinan cetakan ini telah ada 400 SM.

Oleh karena itu, muncul pendapat bahwa pembuat pertama roti ini, berasal dari Bangsa Mesir. Bangsa mesir telah membuat roti jenis ini dalam sekala besar untuk disajikan ke ratusan pekerja yang sedang membangun Piramida.

Cara membuatnya

Sourdough merupakan roti yang dibuat dengan adonan asam. Adonan ini berperan sebagai ragi alami, yang disebut starter. Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat roti jenis ini adalah starter-nya. Cara membuat starter-nya yaitu campur tepung terigu dan air (1 : 1), kemudian biarkan adonan mengembang dan berfermentasi selama 5 hari atau bahkan seminggu di suhu ruang.

Starter ini, bisa kamu sisakan untuk penggunaan beberapa waktu ke depan. Jagalah starter ini dengan tetap diberi makan (berupa terigu + air) setidaknya 2 hari sekali. Nah, untuk membuat rotinya, kamu perlu membuat adonan roti dan kemudian tambahkan starter-nya. Proses fermentasi pada starter ini, akan menghasikan cita rasa yang khas, yaitu asam dan tekstur berongga dalam roti.

Manfaatnya

Sourdough, si roti asam yang sudah ada dari zaman kuno ini, ternyata memiliki manfaat, loh bagi kesehatan. Terutama buat kamu yang mempunyai celiac diseases atau intolerance sama gluten. University Bar, Italy, melakukan penelitian kepada seseorang dengan celiac disease yang mengkonsumsi roti jenis ini selama 60 hari.

Hasilnya seorang yang mengonsumsi roti ini, ngga terjadi gangguan klinis yang bearti. Hal itu disebabkan adanya penguraian gluten saat proses fermentasi oleh starter. Starter yang terbuat dari adonan asam, mengandung bakteri baik yang akan membantu mengurai gluten pada adonan. Itulah yang menyebabkan roti ini, mendapat gelar “free gluten” dan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Cara menikmatinya

Saat ini, banyak sekali cara untuk menikmati roti sourdough. Roti ini lebih nikmat disantap dengan tambahan mentega maupun bersama susu. Walaupun dikonsumsi langsung tanpa olesan juga ngga kalah lezat, Teman Sehat! Saat ini banyak juga loh bakery yang menyajikan sourdough yang ngga kalah kekinian seperti diberi topping coklat, atau isian kismis.

Nah itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu mengenai sourdough, si roti kekinian. Sepertinya sudah ngga sabar, kan untuk menikmatinya? Selagi #dirumahaja dan menunggu waktu berbuka, kamu bisa menjadikan roti ini sebagai salah satu referensi dalam mengasah bakat memasak dan menu takjil! Selamat mencoba, Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *