Mengenal Serotonin, Hormon Pencipta Rasa Bahagia

Teman Sehat, tahukah kamu bahwa perasaan bahagia dan sikap positif ternyata dipengaruhi oleh produksi hormon serotonin? Jika terjadi penurunan hormon tersebut, maka ngga menutup kemungkinan seseorang menjadi mudah marah dan cemas. Simak fakta-fakta mengenai serotonin berikut ini. Check it out!

Peran dan fungsi

Hormon serotonin atau 5-hydroxytryptamine merupakan neurotransmitter (senyawa kimia pengantar pesan antar sel) yang mengatur aktivitas saraf dan telah ditemukan 60 tahun yang lalu.

Men's White Button-up Dress Shirt

Sampai sekarang, hormon serotonin dan reseptornya masih terus digunakan peneliti untuk menghasilkan penemuan terbaru di bidang kedokteran, termasuk penelitian sistem kardiovaskuler, pencernaan, serta sistem saraf pusat. Perannya dalam pengaturan sistem saraf manusia sangat berpengaruh dalam kejadian penyakit kejiwaan dan gangguan sistem saraf.

Kurang dari satu juta sel saraf pada sistem saraf pusat memproduksi hormon ini, namun mayoritas ditemukan di luar sistem saraf pusat. Setiap sel saraf bisa mengatur aktivitas dari berbagai bagian otak manusia yang menghasilkan reseptor serotonin, serta mempengaruhi dan mengatur perilaku otak.

Fungsi serotonin diantaranya mengatur kecemasan, nafsu makan, keseimbangan energi, mempengaruhi suasana hati, kemampuan belajar dan mengingat, serta kepercayaan diri. Selain itu, hormon ini juga bisa membantu melawan depresi, mengatasi rasa panik dan kecemasan.

Gunakan cara-cara alami

Meskipun serotonin bisa ditingkatkan menggunakan obat, tapi terdapat cara-cara alami yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hormon rasa bahagia ini.

Woman Wearing Black Sweater

  • Cahaya terang

Terpapar cahaya terang sinar matahari menjadi salah satu cara yang mampu digunakan untuk membantu mengatasi depresi. Beberapa penelitian menyatakan, paparan sinar matahari atau sumber cahaya terang lainnya bisa menurunkan risiko buruknya suasana hati.

  • Olahraga

Melakukan olahraga menjadi rekomendasi yang ampuh untuk seseorang yang sedang mengalami depresi tingkat ringan. Melakukan olahraga yang familiar secara rutin dapat memperbaiki suasana hati.

  • Pola makan

Mother and Daughter Preparing Avocado Toast

Salah satu zat gizi yang berperan dalam pengaturan hormon peningkat rasa bahagia ini adalah asam amino essensial triptofan. Penelitian menunjukkan bahwa, triptofan bisa meningkatkan serotonin di otak serta menjadi anti-depressant pada depresi tingkat ringan hingga sedang.

Telur, keju, kacang-kacangan, ikan salmon, makanan tinggi protein, zat besi, vitamin B2, dan vitamin B6 merupakan sumber bahan makanan yang tinggi kandungan protein, terutama asam amino esensial triptofan.

Peran serotonin ternyata sangat besar untuk mood kamu sehari-hari. Yuk, lakukan olahraga rutin, konsumsi makanan sesuai pedoman gizi seimbang, serta berjemur di bawah sinar matahari untuk mengurangi rasa cemas dan kesedihan. Bagikan informasi menarik ini ke orang-orang sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *