Telur: Baik atau Buruk?

telur baik atau buruk

Teman Sehat, banyak berita mengenai makanan dalam kaitannya dengan kesehatan yang sering dilebih-lebihkan di media sekarang-sekarang ini. Banyak media yang memberitakan bahwa makanan ini lebih unggul dibanding makanan yang lainnya atau makanan ini berbahaya dan harus dihindari.

Coba aja kamu searching di mbah Google, pasti bakalan muncul banyak pemberitaan seperti itu. Iya kan?

Kita ambil contoh berita mengenai telur.

Telur dikenal sebagai pangan sumber kolesterol. Kalau mendengar nama kolesterol, apa yang ada di benak Teman Sehat pertama kali?

Sebagian besar pasti berpikir bahwa kolesterol itu jahat dan berbahaya bagi kesehatan. Mungkin itu juga yang terlintas pertama kali di benak Teman Sehat.

Jadi, telur baik atau buruk?

Persepsi ini diperparah dengan pemberitaan yang beredar di media, khususnya mengenai bahaya dari telur. Pemberitaan yang booming seputar bahaya mengonsumsi telur adalah dapat mengakibatkan penyakit jantung. Kandungan kolesterol dalam telur inilah yang sering banget disalahkan atas terjadinya penyakit tersebut.

Tetapi apakah benar seperti itu?

Kenyataannya, banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari telur. Misalnya, telur menyediakan folat yang mampu menurunkan 16-32% dari risiko penyakit kronis. Telur juga mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 19-27%.

Selain itu, telur juga mengandung karotenoid, khususnya lutein dan zeaxanthin yang terbukti bisa meningkatkan kesehatan jantung. Intinya, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari telur. Eh, tapi benarkah kolesterol pada telur itu tinggi banget sampai bisa buat penyakit jantung?

egg-1536990_640

Di sisi lain, memang benar bahwa telur tinggi akan kolesterol

Satu butir telur ukuran sedang (58 gram) mengandung kolesterol sebanyak 186-200 mg. Tetapi Teman Sehat tidak perlu khawatir dengan kandungan kolesterol ini.

Tapi, jangan panik, Teman Sehat! Batasan asupan kolesterol per hari adalah 300 mg. Oleh karena itu, dalam aspek gizi, telur merupakan makanan yang baik. Konsumsilah telur dengan bijak. Nah berapa banyak telur yang dapat dimakan dalam sehari? Cek di sini.

Setelah membaca artikel ini, bagaimana pendapatmu? Apakah kamu masih takut buat mengonsumsi telur? Jadi, telur baik atau buruk? Yuk, tuliskan jawabanmu di bagian komentar! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *