Ternyata ada loh, Buah dengan Kandungan Gula yang Rendah!

Teman Sehat, sudah makan buah belum, hari ini? Yap, buah temasuk makanan yang penting loh, sebagai asupan serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi tahukah kamu, ada beberapa orang dengan riwayat khusus seperti diabetes, harus berhati-hati dalam mengonsumsi buah.

Hal ini dikarenakan, jika salah mengonsumsi buah, maka kandungan gula darah kamu bisa meningkat dengan tajam. Tapi, bukannya gula buah ‘aman’ jika dikonsumsi? Yuk, simak penjelasannya!

Fruktosa, gula di dalam buah

Di dalam buah, terkandung gula alami yang disebut dengan fruktosa. Yap, secara ilmiah, glukosa dan fruktosa hampir sama, tetapi tingkat kemanisannya berbeda dan merupakan salah satu jenis karbohidrat.

Menurut penelitian yang dilakukan Andi di Puskesmas Kota Makassar, gula buah (fruktosa) ngga menyebabkan lonjakan gula darah secara mendadak. Hal ini dikarenakan buah memiliki kadar indeks glikemik (IG) yang rendah hingga sedang, tapi perlu diperhatikan juga jumlah potongan buah yang disajikan

Selain itu, buah juga mengandung banyak serat yang berfungsi untuk membantu memperlambat penggunaan gula sebagai sumber energi, sehingga kadar gula darah  di dalam tubuh ngga langsung meningkat setelah mengonsumsi buah.

Berikut ini, ada 4 buah dengan kandungan gula yang rendah dan bisa menjadi salah satu alternatif pilihan kamu, loh! Let’s check it out!

1. Semangka

Semangka merupakan buah dengan kadar air yang mencapai 90%, sehingga menjadi slah satu buah favorit yang dikonsumsi saat musim panas. Oh iya, kandungan gula pada buah ini juga termasuk rendah loh, sekitar 10 gram. FYI, saat buah semangkajuga kaya akan mineral zink, loh!

2. Jenis beri – berian

Buah yang dimaksud dengan jenis beri-berian yaitu, buah strawberry, raspberry, cranberry dan blackberry dengan kandungan gula yang cukup rendah, yaitu berkisar 4 – 7 gram (per 150 gram). Selain kandungan gulanya yang rendah, buah ini juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang baik buat tubuh kamu, loh!

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan ‘lemak baik’ yang bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Selain dikenal dengan kandungan lemak baiknya, alpukat juga memiliki kadar gula yang cukup rendah , loh! Yaitu berkisar 0 – 1 gram gula.

4. Buah citrus

Buah yang dimaksud dengan jenis buat citrus yaitu, lemon, jeruk nipis dan jeruk lokal (orange). Buah ini memiliki ciri khas rasa asam segar yang kaya akan vitamin C dan rendah kandungan gulanya. Kadar gula lemon dan jeruk nipis  berkisar antara 1- 2 gram gula, sedangkan jeruk lokal berkisar 13 gram untuk ukuran sedang.

So, Teman Sehat,  jangan malas dan takut buat mengonsumsi buah, ya! Yuk, biasakan konsumsi buah agar vitamin dan mineral tetap terpenuhi dan tubuh menjadi lebih sehat.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *