Mengenal Hepatitis Alkoholik, Bahayakah?

Tahukah kamu kalau mengkonsumsi alkohol berlebihan pada jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada hati? Yap, bahkan dapat menyebabkan penyakit hati seperti steosis, hepatitis alkoholik, dan sirosis hati. Hepatitis alkoholik merupakan penyakit yang jarang terdengar, karena hepatitis jenis lainnya yang lebih umum terjadi. Padahal ini juga kerap terjadi khususnya bagi para pecandu minuman beralkohol. Nah, kali ini akan dibahas mengenai hepatitis alkoholik lebih lanjut. Yuk, check it out!

mengenal gejala dan bahaya hepatitis alkoholik

Foto: Pixabay.com

Apa itu hepatitis alkoholik?

Hepatitis alkoholik adalah peradangan hati yang merupakan perkembangan dari timbulnya jaringan lemak pada hati akibat konsumsi alkohol berlebihan. Hepatitis ini dapat disembuhkan dengan penanganan yang tepat. Tapi apabila jika tidak segera ditangani bisa berdampak fatal loh, seperti dapat mengakibatkan sirosis hati, komplikasi penyakit lainnya, gagal hati, bahkan kematian.

Tidak hanya konsumsi minuman beralkohol berlebih yang dapat menyebabkan penyakit ini. Ternyata terdapat faktor pemicu hepatitis alkoholik lainnya, seperti faktor genetik yang dapat mempengaruhi tubuhmu memproses alkohol, adanya penyakit hati yang telah muncul sebelumnya seperti Hepatitis B atau Hepatitis C, kurang gizi dan overweight.

Lalu, apa gejalanya?

Gejala umum yang muncul pada penderita hepatitis alkoholik, antara lain kelelahan, mual, nyeri di bagian perut kanan, hilangnya nafsu makan, demam, dan berat badan turun drastis.

Gejala tersebut memang terkesan ambigu, karena mirip dengan gejala penyakit umum lainnya. Oleh karena itu, disarankan apabila kamu kerap mengkonsumsi alkohol berlebih dan mengalami gejala di atas, dapat langsung berkonsultasi dengan dokter agar dapat didiagnosis dengan benar.

Bagaimana jika terjangkit penyakit hepatitis alkoholik?

Penanganan hepatitis alkoholik dapat dilakukan dengan pantangan terhadap alkohol dan konsumsi makanan bergizi. Cara ini dapat membantu menghilangkan tumpukan lemak di hati sehingga mgurangi risiko terjadinya penyakit, loh. Tapi perlu diketahui juga bahwa berhenti mengkonsumsi alkohol secara tiba-tiba dapat berbahaya bagi hati. Oleh karena itu, dapat segera mengunjungi dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut secara tepat.

Bagaimana cara mencegahnya?

mengenal hepatitis alkoholik
Foto: Pixabay.com

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Daripada mengalami sakit berat, lebih baik menjaga pola hidup lebih sehat. Yap, cara mencegah terjadinya hepatitis alkoholik adalah dengan mengurangi konsumsi minuman beralkohol. Mudah bukan, Sahabat Sehat? Tapi apabila kamu sudah merasa ketergantungan dengan alkohol, jangan ragu untuk mencari pertolongan profesional. Upaya pencegahan yang lainnya adalah dengan menjaga berat badan ideal dan melindungi diri penyakit hati lainnya. Yuk, mulai sekarang terapkan hidup lebih sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Alcoholic hepatitis – Symptoms and causes. (2020).  [online] Available at: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/alcoholic-hepatitis/symptoms-causes/syc-20351388

Shah, N., Royer, A., & John, S. (2020). Alcoholic Hepatitis. [online] Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK470217/

Alcoholic Hepatitis: Causes, Symptoms, and Diagnosis. (2020). [online] Available at: https://www.healthline.com/health/alcoholic-hepatitis#complications

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.