Tingkatkan Imunitas dengan Menjaga Kesehatan Usus!

Hai, Teman Sehat! Sudah berbulan-bulan masyarakat dunia melawan Covid-19, bahkan sampai sekarang pandemi ini masih belum jelas kapan akan berakhir. Kamu perlu meningkatkan sistem imun agar terhindar dari kemungkinan terjangkit Covid-19, salah satunya dengan menjaga kesehatan usus. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di sini!

Tugas sistem imun

Sistem imun bertanggung jawab untuk memerangi benda asing yang masuk ke dalam tubuh, seperti bakteri dan virus patogen (penyebab penyakit). Selain itu, sistem imun juga berfungsi mengenali dan menghancurkan sel yang telah rusak atau mati.

meat on plate

Secara umum, sistem imun manusia terdiri atas tiga lapis, diantaranya:

  1. Lapis pertahanan fisik dan kimia. Pertahanan fisik terdiri dari kulit dan mukosa, sementara pertahanan kimia berupa asam lambung, enzim, air mata, dan air liur. Lapis ini bertugas menghalangi benda asing yang berbahaya agar ngga masuk ke dalam tubuh
  2. Lapis kedua sistem imun alamiah. Lapis ini berperan menghentikan penyebaran patogen yang lolos dari lapis pertama
  3. Lapis ketiga sistem imun adaptif. Bagian di mana sistem imun akan mengenali lalu menghancurkan patogen yang lolos dari lapis kedua dengan cara membentuk antibodi

Hubungan usus dengan imunitas

Jumlah dan keberagaman sel imun terbesar tubuh kamu ada di dalam usus, loh. Usus mengandung sekitar lebih dari 100 triliun sel mikrobiota yang memiliki sejumlah manfaat, salah satunya bagi sistem imun. Usus beserta mikrobiotanya berhubungan dengan ke-3 lapis sistem imun seperti yang sudah disampaikan di atas.

Sii, Probióticos, Tripa, Estómago, Colon, Digestión

Selaput lendir atau mukosa yang melapisi usus berfungsi menghalangi benda asing agar ngga masuk ke dalam tubuh. Hal ini berkaitan dengan lapis pertama dari sistem imun. Selain itu, mikrobiota usus bisa mengatur sistem imun secara alamiah dan bersifat adaptif dengan cara merangsang aktivitas sejumlah sel-sel imun.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan usus dengan memelihara keseimbangan komposisi mikrobiota di dalamnya perlu menjadi perhatian khusus agar mikrobiata tersebut dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

Menjaga kesehatan usus

Salah satu cara yang dilakukan untuk mengoptimalkan kesehatan usus adalah mengonsumsi probiotik dan prebiotik. Probiotik merupakan mikroorganisme dalam saluran pencernaan yang bersifat menguntungkan, sementara prebiotik adalah makanan yang digunakan oleh mikroorganisme di dalam usus.

Alimentos Saludables, Fruta, Verduras, Lácteo

Contoh probiotik adalah Lactobacillus casei dan Bifidobacterium yang banyak terdapat pada produk susu dan yogurt. Sedangkan sebagian besar prebiotik berupa serat yang ngga dapat dicerna oleh usus sehingga difermentasi oleh mikrobiota usus menjadi asam lemak rantai pendek. Hasil fermentasi ini merupakan bahan bakar sel-sel di dalam usus agar dapat bekerja dengan optimal.

Sumber utama prebiotik adalah sayuran, buah-buahan, dan bij-bijian. Baik probiotik maupun prebiotik sama-sama mampu merangsang aktivitas di usus yang selanjutnya akan memengaruhi perkembangan sistem imun.

Nah Teman Sehat, ternyata usus punya peran penting ya dalam sistem kekebalan tubuh. Yuk, lawan Covid-19 dengan mengoptimalkan kesehatan ususmu! Jangan lupa bagikan informasi bermanfaat ini ke orang-orang sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *