Waspada Masuknya Virus Corona!

Teman Sehat, awal tahun ini dunia sedang digemparkan oleh temuan virus baru yang cukup berbahaya. Yap, virus itu adalah virus corona yang baru ditemukan pada akhir tahun yaitu Desember 2019 di China, tepatnya di pasar Wuhan. Lalu, apa sih bahayanya virus corona dan bagaimana pencegahan yang perlu dilakukan? Yuk, simak penjelasan berikut agar kamu semakin waspada!

Penemuan Virus Corona

Virus corona atau Novel Coronavirus (2019-nCoV) merupakan jenis virus baru yang ditemukan pada Desember 2019 di salah satu pasar grosir makanan laut, Wuhan, China. Adanya virus ini, tepat pada tanggal 1 Januari 2020, sehingga pasar tersebut ditutup untuk dilakukan sanitasi dan desinfeksi. Virus ini dilaporakan memiliki kemiripan dengan virus penyebab SARS dan MERS.

Penyebab infeksi virus ini, belum ditetapkan secara pasti, walaupun beberapa sampel produk segar sudah dilakukan proses pemeriksaan di laboratorium. Beberapa studi yang dipublikasikan oleh Jurnal Internasional menyatakan bahwa kemungkinan disebabkan oleh infeksi virus dari kelelawar maupun ular. Tetapi, hal ini belum bisa dipastikan, karena perlu adanya proses pemeriksaan dan penelitian lebih lanjut.

Vaksin Belum Ditemukan

Virus ini mendesak para peneliti agar segera menemukan vaksin untuk menghambat penyebaran penyakit ini. Nancy Messonnier, Direktur Pusat Nasional Imunisasi dan Penyakit Pernapasan menjelaskan bahwa pengembangan vaksin merupakan proses yang komplek dan membutuhkan waktu agar vaksin yang ditemukan benar-benar efekti dan juga aman. Tapi, kamu boleh sedikit tenang karena baru-baru ini  urutan DNA dari virus corona sudah ditemukan, jadi proses perawatan dan vaksin sudah mulai dikembangkan.

Gejalanya

Umumnya, gejala penyakit yang disebabkan oleh virus ini sama dengan penyebab pneumonia (paru-paru basah). Center for Disease Control and Prevention menjelaskan virus dengan tipe 22(E, NL63, OC43 dan HKU1) biasanya menyebabkan penyakit saluran pernafasan ringan seperti flu yang berdampak pada hidung tersumbat, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan demam. Imun yang lemah, seperti orang tua ataupun anak-anak bisa secara mudah terserang virus ini.

Antisipasi Pencegahan

Jadi, gimana cara pencegahan penyebaran virus ini? Kamu bisa mengurangi risiko penyebarannya dengan cara:

  • Jangan malas untuk mencuci tangan dengan sabun. Pastikan kuku, telapak tangan, dan punggung tangan benar-benar bersih,
  • Hindari berkontak secara langsung dengan penderita virus,
  • Usahakan selalu menggunakan masker jika berpergian,
  • Jika tangan kotor, jangan menyentuh hidung, mata, dan mulut,
  • Konsumsi banyak air putih dan makanan yang bergizi.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, oleh karena itu Teman Sehat harus selalu waspada, ya! Karena obat ataupun vaksin untuk mencegah penyebaran virus ini belum ditemukan. Jangan lupa selalu jaga kebersihan dan konsumsi makanan yang bergizi, agar daya tahan tubuh kamu tetap siap menangkal virus-virus jahat.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *