Yuk, Berikan Perhatian Lebih pada Down Syndrome!

Teman Sehat, Down Syndrome merupakan gangguan genetik yang paling umum menyebabkan perbedaan kemampuan belajar dan ciri-ciri fisik tertentu. Sindrom ini ngga bisa disembuhkan, tapi dengan dukungan dan perhatian yang maksimal, bisa tumbuh dengan bahagia.

Seseorang yang memiliki keistimewaan ini, memiliki jumlah kromosom (kumpulan sifat genetik) yang berlebih yaitu 47, berbeda dengan seseorang pada umumnya, yaitu 46 kromosom (masing-masing 23 kromosom ayah dan ibu). Jika hal ini terjadi, maka akan memengaruhi perkembangan tubuh dan kinerja otaknya. Mereka yang memiliki keistimewaan ini, butuh perhatian yang lebih. Oleh karena itu, yuk simak caranya! Let’s check it out!

Jangan mudah percaya

Ketika memiliki anak dengan keistimewaan ini, singkirkanlah segala asumsi yang ada dipikiran mu. Banyak sekali isu ‘miring’ yang beredar terkait informasi sindrom ini. Yap, jika berita ini ‘dikonsumsi’ secara berlebihan, maka akan menimbulkan kesedihan.

Cara terbaik yang bisa kamu lakukan, carilah informasi akurat dan terkini mengenai sindrom ini. Dikarenakan informasi ini sangat berpengaruh, saat kamu akan membuat keputusan, mempertahankan sikap realistis dan positif untuk masa depan mereka.

Temukan tenaga medis yang cocok

Biasanya anak dengan sindrom ini, punya serangkaian perlakuan medis, seperti tes rutin dan rangkaian monitoring yang berbeda untuk mengevaluasi bagian tumbuh-kembangnya yang harus diperhatikan lebih. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tenaga medis yang cocok agar lebih mudah untuk berdikusi berkaitan dengan hasil  diagnosa, evaluasi rutin dan pengobatan yang tepat.

Saling menguatkan adalah kunci

Jika anggota keluarga mu memiliki keistimewaan ini, kamu perlu support system yang besar dalam menghadapinya. Carilah lingkungan, teman atau orang terdekat yang bisa menguatkan kamu lahir dan batin, saat menghadapi hal ini. Ikutilah organisasi atau komunitas yang terdapat orang tua dengan anak  yang memiliki sindrom ini, supaya  kamu bisa berbagi cerita dan saling memberikan dukungan.

Carilah lingkungan yang baik

Melalui kondisi lingkungan yang baik, nyaman, aman dan terpercaya, akan mendukung tumbuh kembang anak. Jika lingkungan kamu menerima dan mendukung, maka ngga ada kesulitan untuk mendapatkan dukungan, dorongan, dan kegembiraan dari teman dan anggota keluarga lainnya saat anak hendak mempelajari hal baru.

Fokuslah pada kekuatan dan kelebihannya

Walaupun mereka menghadapi berbagai tantangan dengan kondisi fisik dan psikisnya, tapi anak akan memiliki pribadi dan kekuatan yang lebih dari anak lainnya. Ajak mereka untuk berpartisipasi pada hal yang menjadi minat dan ketertarikannya. Hal ini dilakukan agar mereka ngga merasa down dan merasa ngga semangat dalam menjalani hidup.

Simpanlah informasi dengan baik

Orang tua wajib menyimpan segala catatan medis anak. Yap, dokumen ini menjadi penting ketika anak beranjak dewasa dan semakin membaur ke tengah masyarakat. Selain itu, dokumen ini juga penting untuk dikumpulkan, khususnya saat anak mulai bersekolah atau mengikuti kegiatan lainnya. Hal ini dilakukan agar ketika anak mengalami hal yang ngga diinginkan, terkait dengan penyakit yang dideritanya orang tua bisa dengan mudah mebelusurinya.

Teman Sehat, itulah tips bagaimana cara menangani anak Down Syndrome. Pada dasarnya, semua anak yang terlahir di dunia ini memiliki hak yang sama untuk menjalani hidupnya. So, mari hapuskan diskriminasi terhadap Down Syndrome dan menghargai hak kepada sesama. Jika artikel ini bermanfaat untuk kamu, jangan lupa bagikan, ya! Oh iya, jangan lupa berikan komentar mu di bawah ini, Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *