Yuk, Intip Makanan untuk Odapus!

Teman Sehat, hingga ssat ini belum ada makanan yang bisa menyebabkan maupun menyembuhkan penyakit lupus. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan pemenuhan asupan zat gizi yang tepat bagi penderita lupus (Odapus). So, makanan apa aja ya, yang baik untuk Odapus? Tapi sebelum sampai ke topik itu, kita cari tahu dulu tentang lupus dulu, yuk!

Apa itu lupus?

Lupus merupakan penyakit yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh kamu menyerang sel-sel, jaringan dan organ tubuh yang seharusnya dilindungi. Kasus lupus yang terjadi di dunia rata-rata bertambah 100 ribu setiap tahunnya. Sedangkan di Indonesia diperkirakan terdapat sekitar 400 ribu Odapus. Hal ini menjadi peringatan buat kamu agar selalu mewaspadai penyakit ini, apalagi untuk perempuan.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of California, menemukan bahwa penyakit ini merupakan salah satu penyebab utama kematian pada perempuan dengan kisaran umur 5-64 tahun. Dalam kasus lain, penyakit ini bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang organ tubuh sehingga terjadi kerusakan pada organ. Selain itu, Odapus juga bisa meningkatkan risiko kesehatan organ lainnya seperti jantung, gagal ginjal, infeksi, dan pembekuan darah.

Manfaat mengonsumsi makanan sehat

Kebutuhan zat gizi yang harus dipenuhi oleh Odapus, membuat mereka harus memilih makanan yang sehat. Makanan sehat yang mereka konsumsi, akan memberikan manfaat seperti:

  • Mengurangi peradangan dan gejalanya
  • Membantu mempertahankan kekuatan otot dan tulang
  • Membantu meningkatkan atau mempertahankan berat badan
  • Mengurangi risiko penyakit lain yang ditimbulkan, seperti jantung

Makanan yang dianjurkan

Setelah kamu tahu, manfaat mengonsumsi makanan sehat untuk Odapus, yuk simak makanan apa saja yang baik untuk mendukung kesehatannya!

  1. Ikan, tahukah kamu? Kalau zat gizi omega-3 yang terkandung di dalam ikan, merupakan zat asam lemak tak jenuh yang bermanfaat melindungi kamu dari risiko penyakit jantung dan stroke. Kamu bisa mengonsumsi ikan makarel, sarden, tuna dan salmon untuk mendapatan manfaatnya.
  2. Makanan tinggi kalsium dan vitamin D, obat steroid yang dikonsumsi oleh Odapus bisa menurunkan kepadatan tulang, sehingga makanan tinggi kalsium dan vitamin D dianjurkan untuk Odapus. Kamu bisa mendapatkan asupan kedua zat gizi tersebut dengan mengonsumsi susu rendah lemak, tahu, biji-bijian, sayuran hijau.

Makanan yang harus dikurangi/dihindari

Selain mengonsumsi makanan sehat untuk memenuhi zat gizi yang dibutuhkan oleh Odapus, ada beberapa makanan yang perlu dikurangi agar kesehatan mereka tetap terjaga. Yuk, simak!

  1. Makanan yang mengandung lemak ‘jahat’, obat steroid yang dikonsumsi oleh Odapus bisa meningkatkan nafsu makan dan menyebabkan berat badan bertambah. Oleh karena itu, batasilah asupan daging merah, goreng-gorengan, susu tinggi lemak, mentega, mayonais, dan fast food. Hal ini dikarenakan asupan lemak ‘jahat’ akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke pada Odapus.
  2. Bawang putih dan kecambah alfalfa. Kecambah alfalfa mengandung asam amino yang disebut L-canavanine, sementara bawang putih mengandung allicin, ajoene, dan thiosulfinates. Beberapa zat yang terkandung ini, bisa ‘menambah’ kekebalan tubuh. Hal ini bisa berisiko bagi Odapus, menginat penyakit ini berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.
  3. Makanan tinggi garam, kandungan garam yang tinggi pada beberapa makanan, seperti makanan ringan maupun makanan sehari-hari akan meningkatkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung pada Odapus.

Nah, itulah beberapa makanan untuk Odapus yang perlu kamu tahu. Yuk, bantu penuhi kebutuhan asupan zat gizi pada Odapus!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *