Berikut ini Ciri Seseorang Alami Sosiopat dan Psikopat!

Halo, Teman Sehat! Taukah kamu kalau tanggal 10 Oktober telah ditetapkan sebagai tanggal untuk memperingati Hari Kesehatan Mental sejak tahun 1992. Beberapa jenis gangguan mental antara lain sosiopat dan psikopat. Nah, untuk lebih paham yuk simak ulasan berikut ini!

Apa itu ODGM?

Orang Dengan Gangguan Mental (ODGM) masih sering mengalami diskriminasi oleh masyarakat awam. ODGM bisa didefinisikan sebagai orang antisosial yang memiliki gangguan kepribadian dan cenderung bersifat antagonis. Orang-orang ini disebut sosiopat dan psikopat. Nah, apa aja sih, ciri-ciri orang sosiopat dan psikopat itu? Let’s check it out!

Berbohong adalah kebiasaannya

Orang-orang sosiopat dan psikopat akan sangat mudah berbohong dan memanipulasi fakta demi keuntungan dirinya. Alih-alih menceritakan kebenaran, mereka akan berbohong lagi untuk menutupi kebohongan yang telah dilakukan sebelumnya.

Rendahnya moral dan hobi melanggar aturan

Dalam beberapa hal, orang-orang sosiopat dan psikopat  akan dengan sengaja melanggar aturan. Bagi mereka aturan dibuat untuk dilanggar. Dalam kamus kehidupan mereka ngga mengenal benar atau salah. Mereka bertindak sesuka hati. Terkadang mereka menggunakan moralnya untuk memanipulasi orang-orang disekitarnya demi sebuah tujuan yang ingin dicapainya.

Rasa empati yang rendah

Mereka yang anti-sosial dikenal memiliki hati yang dingin, ngga peduli terhadap orang-orang dan lingkungan disekitarnya. Mereka cenderung cuek pada sesuatu yang tak berdampak apa-apa terhadap dirinya. Orang-orang ini lebih memilih menarik dirinya dari kegiatan sosial dan tindakan kemanusiaan yang ada pada lingkungannya, menghindari konflik sosial yang sedang terjadi.

Narsisme

Kamu termasuk orang yang narsis? Eits, jangan khawatir, narsisme disini adalah mereka yang ingin menunjukkan keunggulan dirinya yang palsu. Memanipulasi agar orang-orang kagum dan terkesan padanya. Duh, serem juga ya..

Senang melakukan psikologi bullying

Psikologi bullying merupakan suatu bentuk penindasan dengan cara membuat korbannya ngga percaya diri dan meragukan dirinya sendiri. Dampak yang ditimbulkan adalah korban akan kehilangan identitas dan harga diri karena pikirannya telah dikendalikan oleh sosiopat.

Penyesalan bukanlah hal yang lazim dilakukan

Seorang sosiopat dan psikopat ngga akan menunjukkan tanda-tanda penyesalan diri ketika melakukan suatu kesalahan. Sebaliknya ia tetap merasa semua hal berjalan dengan baik-baik saja dan tetap bersikap tenang. Mereka akan berakting seakan dirinya merasa menyesal dengan tujuan memanipulasi agar mendapat simpati dari orang-orang sekitar.

Cenderung “Bermuka dua”

Salah satu sifat manusia yang paling menakutkan adalah mereka yang “bermuka dua”. Mereka akan menunjukkan keramahan, rasa hormat, dan kebaikan pada beberapa orang, tapi pada sebagian orang lainnya mereka menjelek-jelekkan dan menindas dengan ngga manusiawi.

Nah, sekarang kamu udah tau kan ciri-ciri orang dengan sosiopat dan psikopat? Orang-orang dengan ciri diatas perlu kamu waspadai, ya. Lakukan hal-hal yang positif dan menciptakan lingkungan pertemanan yang baik akan mencegah munculnya sosiopat dan psikopat lainnya!

Editor& Proofreader : Asiyah Mutmainnah, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *